Berita SMK PP Negeri Sembawa

PKL Siswa SMK PP Negeri Sembawa di BPTU HPT Belajar Membuat Pupuk Bokashi

Salah satu kegitatan Pelaksanaan Siswa PKL SMK PP Negeri Sembawa di BPTU HPT Sembawa yakni belajar membuat pupuk Bokashi. Kamis (31/1/19)

PKL Siswa SMK PP Negeri Sembawa di BPTU HPT Belajar Membuat Pupuk Bokashi
Sripo/ Alan Nopriansyah
Salah satu kegitatan Pelaksanaan Siswa PKL SMK PP Negeri Sembawa di BPTU HPT Sembawa yakni belajar membuat pupuk Bokashi. Kamis (31/1/19). 

TRIBUNSUMSEL.COM, BANYUASIN-Salah satu kegitatan Pelaksanaan Siswa PKL SMK PP Negeri Sembawa di BPTU HPT Sembawa yakni belajar membuat pupuk Bokashi. Kamis (31/1/19).

Hal itu dilaksanakan oleh siswa praktik kerja lapangan (PKL) program studi agribisnis ternak unggas dengan belajar membuat pupuk Bokashi atau pupuk dengan berbahan organik.

Pupuk Bokashi merupakan pupuk yang kaya sumber hayati dan merupakan pupuk organik yang berasal dari hasil fermentasi bahan-bahan organik.

Dalam kegiatan PKL, siswa Abimanyu membantu di instalasi pembutaan pupuk bokashi.

Bahan-bagan organik yang digunakan dalam pembuatan pupuk ini meliputi sekam, serbuk gergaji, jerami, kotoran hewan atau pupuk kandang.

Diketahui bahan organik yang dicampurkan dan diaduk menggunakan sekop.

Kemudian untuk mempercepat proses fermentasi dan penguraian bahan organik ditambahkan dengan bantuan microorganism activator yaitu Em4 yang telah ditambahkan gula merah dan molases.

Setelah semua diaduk rata, pupuk kemudian ditutup dengan menggunakan terpal atau karung sehingga akan berlangsung fermentasi anaerob (tanpa oksigen), pupuk akan diaduk setelah sepekan.

Setelahnya, apabila semua bahan organik telah terurai dan warnanya sudah hitam atau gelap pupuk bokashi telah siap untuk digunakan.

Setelah membuat itu, Bima membantu pengemasan pupuk bokashi yang telah jadi ke dalam plastik ukuran 5kg dimana telah siap untuk dipasarkan.

Arie Sutanto selalu Kepala Subbag Tata Usaha BPTU HPT Sembawa mengatakan, kegiatan PKL ini diharapkan akan mengedukasi siswa dan memberikan mereka bekal agar siap terjun ke masyarakat nantinya.

Pupuk organik mempunyai nilai jual yang baik dipasaran karena sudah banyak petani yang beralih pada sistem pertanian organik.

Sistem pertanian organik memberi dampak yang baik terhadap kesehatan dan aman bagi lingkungan. (SP/ALAN NOPRIANSYAH)

Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved