Tempat Wisata Sumsel

Ini 9 Tempat Wisata Pilihan di OKU, Cocok untuk Libur Akhir Tahun 2018 dan Libur Awal Tahun 2019

Dua destinasi wisata unggulan tersebut yakni Objek wisata Gua Putri dan Gua Harimau yang terletak di kawasan Kars Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang

Penulis: Retno Wirawijaya | Editor: Wawan Perdana
Tribun Sumsel/ Retno Wirawijaya
Wisata alam gua putri merupakan salah satu objek wisata yang dibanggakan warga kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan. Objek wisata alam ini terletak di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji 

TRIBUNSUMSEL.COM,BATURAJA-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU) masih mengandalkan dua destinasi wisata di musim libur akhir tahun 2018 dan tahun baru 2019.

Dua destinasi wisata unggulan tersebut yakni Objek wisata Gua Putri dan Gua Harimau yang terletak di kawasan Kars Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji.

"Sebenarnya semua objek wisata di OKU menjadi andalan, namun Gua Putri dan Gua Harimau menjadi trend OKU," Ucap Kepala dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kabupaten OKU, Paisol Ibrahim, Minggu (9/12/2018).

Gua putri memiliki sejuta pesona keindahan yang ditawarkan kepada para pengunjung.

Para pengunjung akan dimanjakan dengan suasana gua dan keindahan setiap bentuk bebatuan stalaktit dan stalagmit yang terdapat di dalam gua.

Bersiap Liburan ? Ini Jadwal Resmi Bagi Rapor dan Libur Akhir Tahun di TK-SMA di Palembang

Tiket Kereta Api Libur Natal dan Tahun Baru Berbagai Tujuan di Sumsel Mulai Diburu Penumpang

Sedangkan Gua Harimau memiliki sejarah budaya yang didalamnya terdapat temuan kerangka manusia purba yang berusia ribuan tahun lalu.

Saat ini kata Paisol, pihaknya tengah gencar mepromosikan setiap objek wisata di OKU.

Terutama objek wisata gua harimau yang memiliki sejuta sejarah budaya dengan sejumlah kerangka manusia purba hasil temuan tim arkeolog nasional (Arkenas).

"Wisata budaya ini juga sangat perlu untuk menambah wawasan terutama bagi para pelajar," katanya.

Disebutkan Paisol untuk akses menuju dua objek wisata tersebut juga sudah memadai, dua objek wisata ini terletak dalam satu kawasan.

"Kalau mau ke gua harimau otomatis kita akan melewati gua putri, aksesnya sudah jalan poros jadi untuk kendaraan roda empat sudah bisa masuk, hanya saja untuk ke gua harimau para pengunjung masih harus berjalan kaki sekitar 2 KM melewati perkebunan masyarakat," katanya.

Ditambahkan Pasiol, selain dua objek andalan tersebut, Disparbud OKU juga menawarkan objek wisata lainnya yang bisa menjadi opsi untuk mengisi liburan akhir tahun.

1. Wisata air terjun Kambas

2. Air terjun Langgah

3. Air terjun Gunung Kuripan

4. Air panas gemuhak

5. Bendali rantau kumpai

6. Wisata mandi hawa

7. Batu lesung bintang

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved