Herman Deru Komitmen Kembangkan Hilirisasi Karet

Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi dan Kabupaten se Sumsel dan Diseminasi Kajian Ekonomi

Herman Deru Komitmen Kembangkan Hilirisasi Karet
IST
Herman Deru Komitmen Kembangkan Hilirisasi Karet 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi dan Kabupaten se Sumsel dan Diseminasi Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional (KEKR) Sumsel gelaran Bank Indonesia (BI) Sumsel di Arista Hotel, Senin (30/10) dihadiri Gubernur Sumsel Herman Deru.

Mantan Bupati OKU Timur dua periode itu mengatakan saat ini keberadaan TPID harus mendapat perhatian lebih mengingat perannya yang sangat penting.

Menurutnya sesuai arahan Presiden RI, pemerintah provinsi hingga kabupaten/kota diminta membentuk TPID agar dapat melakukan pengambilan tindakan yang cepat dan tepat dalam hal Pengendalian Inflasi Daerah.

"Disini perlu peran aktif kepala daerah selaku ketua TPID di daerah," jelas HD.

Mengacu dari data BPS terang HD, tingkat inflasi Sumsel cenderung mengalami penurunan.

Bahkan sejak dibentuknya TPID Provinsi Sumsel kondisi tingkat inflasi cenderung turun, terjaga, rendah dan stabil.

Rendahnya tingkat inflasi ini diharapkan semakin mendukung terciptanya pertumbuhan ekonomi daerah yang baik dan berkelanjutan.

Sesuai arahan Presiden, menurut HD ada beberapa kebijakan yang harus dilakukan dalam rangka pengendalian inflasi ke depan.

Di antaranya Menteri dan kepala daerah harus mendorong efektivitas pemanfaatan APBD melalui percepatan realisasi dan melakukan intervensi stabilitas harga.

Kemudian untuk mengatasi defisit neraca pembayaran nasional, menteri dan kepala daerah harus mempermudah dan membuka investasi sebesar-besarnya kepada industri yang berorientasi ekspor industri yang memproduksi barang substansi impor, serta untuk pariwisata.

Halaman
123
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved