Berita Pagaralam

10 Kelompok Tani Kopi Pagaralam Terima Bantuan 14 Ribu Bibit Kopi Robusta

Petani Kopi Pagaralam mendapat bantuan Bibit unggul kopi jenis Robusta langsung dari Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balitri)

10 Kelompok Tani Kopi Pagaralam Terima Bantuan 14 Ribu Bibit Kopi Robusta
Sripo/ Wawan Septiawan
SERAHKAN BANTUAN : Wakil Walikota Pagaralam, Muhammad Fadli saat menyerahkan bantuan bibit kopi jenis Robusta dari Balitri di Kelurahan Alun Dua, Selasa (2/10/2018). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PAGARALAM - Sebagai salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Kota Pagaralam mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat terutama dari Kementerian Pertanian RI.

Hal ini dibuktikan dari banyaknya bantuan dari Kementerian untuk para petani di Pagaralam.

Bahkan saat ini petani Kopi Pagaralam mendapat bantuan Bibit unggul kopi jenis Robusta langsung dari Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balitri).

Bantuan bibit yang diberikan sebanyak 14 ribu batang. Ribuan bibit ini akan diberikan kepada 10 kelompok tani (Poktan) yang ada di empat kecamatan di Kota Pagaralam dan akan ditanam di 9 hektar lahan kebun kopi.

Baca: Asian Para Games 2018 : Dibuka Tanggal 6 Oktober 2018, Mulai Hari ini Kualifikasi Akan Dimulai

Baca: Begini Kondisi Penyerang Persija Marco Simic Pasca Mobilnya Tabrak Patroli Polisi

PLT Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura, Hellen Phornica Selasa (2/10/2018) mengatakan, bantuan bibit kopi ini didapat karena hasil dari kunjungan pihak Balitri ke Pagaralam.

Tim Balitri menilai kondisi petanian di Pagaralam sangat potensial untuk pengembangan tanaman kopi jenis robusta.

"Kita mendapat bantuan sebanyak 14 batang bibit kopi jenis Robusta dari Balitri. Bantuan ini akan dibagikan kepada petani diempat kecamatan yang ditanam di 9 hektar lahan," ujarnya.

Selain mendapat bantuan bibit kopi, petani Pagaralam juga mendapat bantuan bibit lainnya yaitu bibit jagung, padi serta bantuan alat pertanian dari pihak pemerintah pusat.

Baca: Jadwal Liga 1 Bergulir Kembali Jumat 5 Oktober 2018, Bagaimana Jadwal Pertandingan Sriwijaya FC?

Baca: Live Video Pidato Pertama Gubernur Sumsel Herman Deru di Monpera Palembang

"Kita juga mendapat bantuan bibit padi untuk 1.000 hektar sawah. Kita juga mendapat bantuan alat pertanian berupa handtraktor, pompa air dan raise transplenter dan alat pertanian lainnya. Hal ini membuktikan bahwa Pagaralam menjadi perhatian dari pusat," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Pagaralam, Muhammad Fadli mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada Dinas Pertanian dan Holtikultura atas usaha dan kerja kerasnya hingga petani Pagaralam bisa mendapat bantuan dari pusat. Hal ini diharapkan bisa terus dilakukan agar bantuan lainnya bisa didapat.

"Bantuan kopi ini bersenergi dengan program Pemkot Pagaralam yaitu 1 juta kopi stek atau kopi sambung. Diharapkan bibit unggul ini akan dapat digunakan dengan baik agar kita bisa mendapat bantuan lagi," ujarnya.

Wako mengharapkan pihak dinas dapat melakukan pengawasan kepada kelompok tani yang menjadi penerima bantuan. Pasalnya dikabar ada beberapa oknum petani yang mendapat bantuan namun tidak memiliki lahan.

"Ini harus menjadi perhatian dari pihak dinas pertanian. Jadi sebelum memberikan bantuan harus dicek dan kroscek dahulu siapa akan menerima agar tidak salah," tegasnya.(SP/ Wawan Septiawan)

Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved