Caleg 2019

Ketahuan Nyaleg dari Perindo, Kepala SMP 3 Palembang Ansyori Dicopot

M Ansyori dicopot dari jabatannya lantaran masuk sebagai salah satu calon anggota legislatif ( caleg) Dapil 4 Palembang

Ketahuan Nyaleg dari Perindo, Kepala SMP 3 Palembang Ansyori Dicopot

TRIBUNSUMSEL.COM - Kepala Sekolah Menengah Pertama ( SMP) Negeri 3 Palembang M Ansyori dicopot dari jabatannya lantaran masuk sebagai salah satu calon anggota legislatif ( caleg) Dapil 4 Palembang.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BK-PSDM) Kota Palembang, Ratu Dewa mengatakan, M Ansyori diketahui masih aktif sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Baca: Dua Kubu Incar Suara Gusdurian, Apa Kata Putri Sulung Abdurrahman Wahid ?

Seorang ASN pun dilarang masuk dalam kegiatan politik, terlebih lagi mencalonkan diri sebagai wakil rakyat.

Baca: BREAKING NEWS - Menpora Resmi Stop Liga Indonesia Akibat Insiden Berdarah GBLA

Dewa menjelaskan, mereka dalam waktu dekat akan menggelar rapat bersama dewan pertimbangan jabatan untuk memberikan sanksi kepada M Ansyori.

Baca: Tak Kunjung Usai, Kini Kriss Hatta Balik Laporkan Hilda Vitria & Billy Terkait Dugaan Perzinahan

“Kami sudah konfrimasi kepada yang bersangkutan dan ternyata benar. Dia minta maaf dan akan mundur sebagai caleg. Tapi sanksi akan tetap diberikan, dengan pencopotan kepada M Ansyori,” kata Dewa, Selasa (25/9/2018).

Pihaknya pun akan meminta surat keterangan dari M Asnyori jika ingin mundur dari caleg.

Meski demikian, sanksi pun tetap tak akan dihapuskan kepadanya karena sudah melanggar aturan sebagai ASN.

“Kami nanti akan minta surat buktinya, kalau memang mau mundur jadi caleg. Tapi sanksi tetap tidak akan hilang,” ujarnya.

Nama M Ansyori diketahui masuk sebagai caleg Dapil 4 yang mencalonkan diri dari partai Perindo setelah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang. 

Dapil empat itu meliputi Kecamatan Semetang Borang, Kalidoni, dan Sako. Dari Daftar Calon Tetap yang dikeluarkan KPU Kota Palembang, Ansyori mendapat nomor urut 4, dari delapan calon anggota legislatif Partai Perindo.

Padahal, dari Peraturan KPU (PKPU) RI No 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota, sejak dikeluarkannya DCT calon anggota legislatif oleh KPU seluruh pegawai pemerintahan seperti Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, kepala daerah termasuk pegawai di badan usaha milik pemerintah, wajib mengundurkan diri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jadi Caleg, Kepala SMP di Palembang Dicopot", https://regional.kompas.com/read/2018/09/25/18382681/jadi-caleg-kepala-smp-di-palembang-dicopot.

Editor: Siemen Martin
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved