Pileg 2019

Deklarasi Damai Pemilu, Caleg di Sumsel Pakai Baju Adat Jalan Kaki dari Kambang Iwak ke DPRD Sumsel

Para peserta Pemilu melakukan karnaval jalan kaki, lengkap dengan pakaian adat nusantara, sembari membawa bendera Parpol masing-masing

Deklarasi Damai Pemilu, Caleg di Sumsel Pakai Baju Adat Jalan Kaki dari Kambang Iwak ke DPRD Sumsel
Tribun Sumsel/ Arief Basuki Rohekan
Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengumpulkan calon anggota DPRD Sumsel dan DPD RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sumsel untuk kegiatan deklarasi Pemilu damai di Kambang Iwak, Minggu (23/9/2018). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengumpulkan calon anggota DPRD Sumsel dan DPD RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sumsel untuk kegiatan deklarasi Pemilu damai.

Para calon legislatif itu sambil menggunakan baju adat diarak jalan kaki dari Kambang Iwak menuju DPRD Sumsel, Minggu (23/9/2018).

Kegiatan ini sebagai bentuk deklarasi kampanye damai pemilu 2019, demi menghasilkan wakil- wakil rakyat yang berintegritas.

Ketua KPU Sumsel Aspahani dalam kata sambutannya mengatakan, deklarasi damai ini merupakan upaya untuk menciptakan Pemilu yang damai. Mengusung tema no hoax, no isu sara dan No money politik.

Baca: PSI Palembang Optimis Bentuk Fraksi di DPRD

Baca: Juara China Open 2018. Segini Uang yang Didapatkan Anthony Sinisuka Ginting, Fantastis

"Kami berharap deklarasi kampanye damai tidak hanya damai saat ini saja, tapi sampai akhirnya semua musim Pemilu," katanya di Taman Kambang Iwak Park (KIP) Palembang.

Sekretaris KPU Sumsel MS Sumarwan menambahkan, karnaval tersebut merupakan rangkaian acara deklarasi kampanye damai yang digelar KPU Sumsel.

Para peserta Pemilu melakukan karnaval jalan kaki, lengkap dengan pakaian adat nusantara, sembari membawa bendera Parpol masing-masing dan nomor urut calon peserta Pemilu. Setelah sebelumnya dan prasasti deklarasi kampanye damai di arena car free day Kambang Iwak Palembang.

Baca: Pelajar SMP di Mura Tertidur Pulang Sekolah Diperkosa Ayah Tiri

Baca: Kepincut Sendal Hotel yang Unik, Anji Manji Sampai Rela Bawa Pulang, Ini Penampakannya

"Deklarasi Kampanye Damai digelar di Kambang Iwak sekitar pukul 06.30 wib, setelah itu calon DPD dan Calon DPRD Sumsel berjalan kaki mulai dari lokasi deklarasi menuju kantor DPRD Sumatera Selatan," jelasya.

Semua calon anggota DPD Dapil Sumsel dan setiap perwakilan Parpol pakaian adat nusantara yang beragam.

"Bebas baju adat daerah mana saja, mau Palembang, Jawa, Kalimantan atau Papua. Ini adalah keberagaman nusantara Indonesia, yang berbeda-beda tapi tetap satu dalam balutan Pancasila," tandasnya.

Dalam deklarasi dama pemilu 2019 tersebut terdapat tiga poin yang disepakati, yaitu mewujudkan pemilu yang langsung umum, bebas, rahasia jujur dan adil.

Melaksanakan pemilu kampanye yang aman, tertib, damai, berintegritas, Tanpa Hoax, politisasi sara dan politik uang.
Kemudiab, melaksanakan kampanye berdasarkan perundang undangan yang berlaku.

Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved