Breaking News:

haji 2018

Besok 444 Jemaah Calon Haji Lubuklinggau dan OKU Timur Berangkat

Dari total 445 JCH yang akan berangkat besok, ada satu yang tidak datang, karena sakit

Tribun Sumsel/ Linda Trisnawati
Jemaah Calon Haji Embarkasi Palembang mulai memasuki Asrama Haji di Palembang, Selasa (17/7/2018). Jemaah yang masuk kloter satu ini mulai diberangkatkan besok, Rabu (18/7/2018) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Jemaah Calon Haji (JCH) asal Sumatera Selatan untuk kelompok terbang (kloter) satu memasuki Asrama Haji Palembang, Selasa (17/7/2018). Jemaah berjumlah 444 orang yang berasal dari Lubuklinggau dan OKU Timur.

"Dari total 445 JCH yang akan berangkat besok, ada satu yang tidak datang, karena sakit," ujar Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemennag) Sumsel, Al Fajri saat di Asrama Haji, Selasa (17/7/2018).

Para JCH yang telah datang pertama-tama akan diberikan arahan dari pihak kesehatan, penerbangan dan Kemenang. Setelah itu akan diperiksa satu persatu kesehatannya.

Nantinya dari pemeriksaan kesehatan tersebut akan diketahui siapa yang sehat dan jemaah yang tidak memungkinkan untuk berangkat. Setelah itu baru dilakukan rekam biometrik.

"Rekam biometrik ini hal paling baru yang saat ini bisa dilakukan di sini. Karena kalau sebelumnya rekam biometrik ini dilakukan di negara tujuan, Arab, Madinah atau Jeddah. Namun kini rekam biometrik boleh dilakukan di Indonesia," katanya.

Rekam biometrik ini seperti sidik jari, muka dan juga paspor. Jadi saat sudah sampai JCH tak perlu lagi melakukan rekam biometrik tinggal di cap pasporan. Ini berarti mengurangi waktu tunggu di sana, dengan begitu JCH bisa segera berisitirahat.

Setelah itu nanti yang dilakukan yaitu melakukan pemantapan manasik terakhir sebelum berangkat, mulai dari praktek Sai, Tawaf, Lempar Jumrah, rukun sunnah dipraktekan secara langsung.

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved