Mantan Kepala Daerah Ramai-Ramai Caleg, Alex Noerdin Dapil Sumsel II, Ishak Sumsel I

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan waktu pengajuan daftar calon anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota pada 4-17 Juli 2018.

Mantan Kepala Daerah Ramai-Ramai Caleg, Alex Noerdin Dapil Sumsel II, Ishak Sumsel I
kompas.com
Gedung DPR/MPR 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Arief Basuki Rohekan

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan waktu pengajuan daftar calon anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota pada 4-17 Juli 2018.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota telah diundangkan.

Di Sumsel sendiri, dipastikan terdapat sejumlah nama yang akan mencoba peruntukan untuk bisa duduk di "senayan" DPR RI melalui Daerah Pemilihan Sumsel yang memiliki 2 Dapil dengan alokasi 17 kursi tersedia.

Nama- nama besar itu diantaranya, Alex Noerdin, Ishak Mekki, Saifudin Aswari, M Irwansyah, Eddy Santana Putra, Iskandar M Sahil, Umar H Alim, Maphilinda Syahrial Oesman, maupun Lury Eliza Alex yang akan bersaing dengan petahana seperti Edhy Prabowo, Nazaruddin Kiemas, Bobby Adhityo Rizaldi, Hafiz Tohir, Wahyu Sanjaya, Fauzi Amro dan sebagainya.

Fungsionaris DPD Partai Golkar Sumsel yang menolak namannya dipublikasi koran ini mengakui Partai Golkar bakal mendorong Gubernur Sumsel yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Sumsel Alex Noerdin maju ke Senayan dari daerah pemilihan Sumsel 2 meliputi : Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Lahat, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Empat Lawang, Kota Pagar Alam, Kota Prabumulih.

Sementara Lury Elza Alex akan maju dari Dapil Sumsel 1 meliputi : Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Banyuasin, Kota Palembang, Kota Lubuklinggau.

Ketua Komisi Pemenangan Pemilu Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Sumsel, Muchendi Mahzarekki membenarkan jika Ketua DPD Demokrat Sumsel sekaligus ayahnya, akan maju pada Pileg 2019 untuk kursi DPR RI Dapil Sumsel I yang meliputi, Palembang, Banyuasin, Muba, Mura, Muratara, dan Lubuklinggau.

"Motivasi terbesar Pak Ishak, ingin terus bermanfaat untuk masyarakat. Tentu dengan pengalaman yang dimiliki baik di birokrasi, organisasi rasanya menjadi caleg adalah salah satu cara untuk terus berbakti untuk Sumatera Selatan," singkat Muchendi.

Ditempat lainnya, komisioner KPU Sumsel Liza Lizuarni mengungkapkan pihaknya telah membuka syarat pendaftaran bagi calon anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi maupun Kabupaten/kota pada 4 Juli lalu, dan akan berakhir 17 Juli mendatang.

"Dari laporan, saat ini belum ada satupun partai yang menyerahkan DCS (Daftar Caleg Sementara) ke kita, mungkin di penghujung waktu baru menyerahkan," pungkasnya.(arf)

Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved