Pilkada Palembang

Data Pemilih di Sejumlah Lapas, Palembang Paling Tinggi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel), meminta petugas di kabupaten dan

Data Pemilih di Sejumlah Lapas, Palembang Paling Tinggi
tribunsumsel.com/Khairil
ilustrasi Pilkada 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel), meminta petugas di kabupaten dan kota yang wilayah kerjanya ada lembaga pemasyarakatan (lapas) atau rutan untuk mendata warga binaan di lapas tersebut.

Komisioner KPU Sumsel Heny Susantih dmengatakan, pihaknya meminta pendataan warga binaan tersebut guna pencocokan dan penelitian data pemilih.

"Kami minta mereka untuk mendata warga binaan di lapas, karena berdasarkan Undang-Undang KPU ini memperjuangkan hak semua warga negara untuk menyalurkan hak pilihnya," katanya, Kamis (1/2/2018).

Baca: Dinilai Masih Rawan, Dukungan Akhor Masih Banyak TMS Temuan Dilapangan

Ia menjelaskan, meski KPU kesulitan untuk mendapatkan identitas kependudukan dari warga binaan, tapi tetap berusaha berkoordinasi secara aktif dengan kepala lapas agar mengizinkan warga binaan ini memberikan datanya secara mandiri.

"Saya minta dari empat lapas yang saya datangi, mereka itu diberi fomulir AA-KWK kemudian mengisi kolom-kolom di dalam yang ada nomor KK, NIK, nama dan alamat. Saya minta formulirnya diisi dan alhamdullilah informasi yang saya dapatkan ada yang mau mengisinya," ujarnya.

Baca: Kecanduan Main Diwarnet, 2 Pelajar Ini Nekat Bobol Rumah Cerita Sebenarnya Bikin Jengkel

Ia menuturkan, ada empat lapas yang sempat didatangi seperti di Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin.

Masing-masing kabupaten dan kota yang ada lapasnya, nanti ditunggu informasinya dan memang yang terbanyak warga binaan itu di Kota Palembang sekitar 1.500 orang.

Baca: Kabar Duka, Ibu Istri Bupati Muaraenim Meninggal Dunia

Halaman
12
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Melisa Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved