Breaking News:

Gen Mellennial

Smartphone Bisa Hasilkan Foto yang Bagus, Begini Tipsnya

Tim Gen Mellennial Tribunsumsel dan Sriwijaya Post (Sripo) berkesempatan hadir di SMA LTI IGM.

Tribunsumsel.com/Slamet Teguh Rahayu
Fotografer Sripo, Syahrul Hidayat saat menyampaikan materi kepada para peserta yang hadir 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Slamet Teguh Rahayu

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Tim Gen Mellennial Tribunsumsel dan Sriwijaya Post (Sripo) berkesempatan hadir di SMA LTI IGM. Dalam kesempatan ini, fotografer senior Sripo, Syahrul Hidayat berkesempatan untuk mengisi acara tentang foto jurnalistik.

Menurut Syahrul yang mengaku sudah menjadi pewarta foto sejak tahun 1998 ini mengatakan, foto jurnalistik tak hanya sekedar hanya memfoto suatu momen, namun foto jurnalistik harus menggunakan lima metode, yakni Entire atau mengambil suatu kejadian secara keseluruhan, Detail atau memilih suatu momen yang spesifik, Frame atau membingkai suatu kejadian, Angle atau sudut pandang foto, serta Time atau waktu.

"Jadi kita itu terus menerapkan metode ini atau istilah jika disingkat EDFAT, ini yang paling dasar," terangnya.

Syahrulpun mengatakan, foto jurnalistik tak melulu harus menggunakan kamera DSLR. Namun menggunakan smartphone, bisa menghasilkan foto jurnalistik yang layak dipakai.

"Tapi syaratnya jangan dizoom kalau tidak bakal patah, karena smartphonekan beda dengan kamera DSLR yang lensanya bisa diganti-ganti. Dekati objek yang akan di foto, pasti hasilnya akan bagus," katanya.

Selain EDFAT, Syahrulpun mengingatkan kepada para peserta agar saat memfoto tidak berlawanan dengan arah cahaya matahari, jika tak ingin fotonya menjadi gelap.

"Istilahnya itu, berdosa besar kalau kita memfoto objek berlawanan dengan matahari, gelap. Kalaupun tidak gelap pasti nanti akan muncul noise atau distorsi," terangnya.‎

Editor: Muhamad Edward
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved