Video Tribun Sumsel

VIDEO : Awal Tahun Baru 2017 Proyek Fisik LRT Capai 27 Persen

Memasuki tahun ketiga atau akhir tahun 2017 nanti, direncanakan seluruh pembanguan fisik selesai sampai dipasangnya rel lintasan.

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Proyek pembangunan fisik Light Rail Transit (LRT) sampai akhir tahun 2016 mencapai 27 persen.

Memasuki tahun ketiga atau akhir tahun 2017 nanti, direncanakan seluruh pembanguan fisik selesai sampai dipasangnya rel lintasan.

Zona I yang meliputi wilayah dari stasiun Bandara hingga simpang tanjung api-api terlihat tinggal memasang girder dan parapet. Kemudian di zona II dari simpang tanjung api-api hingga Simpang Polda ini pun tinggal menyisahkan beberapa girder saja.

Zona III mulai dari Jalan Demang Lebar Daun hingga pasar Cinde yang wilayahnya berbenturan dengan utilitas milik perusahaan Gas akhirnya kontraktor membuat dengan sistem portal, hal itu agar konstruksi bawah pier tidak merusak pipa gas.

Zona IV wilayah pembangunan fisik yang dimulai dari Jenderal Sudirman sampai depan Polresta Palembang kini masih menyisahkan pemasangan kolom pier. Terakhir zona V yang meliputi dari depan Kejari sampai Depo terbilang cepat dan tinggal membangun Depo stasiun Jakabaring.

Depo Jakabaring yang menjadi tempat pemeliharaan dan pemberhentian train set LRT seluas empat hektare, oleh PT Waskita telah ditutupi pagar seng keliling. Tahapan yang dilakukan ialah memasuki land clearing, hal itu terlihat dari empat alat berat yang terus merapikan tanah.

Untuk zona Sungai Musi, sejauh ini diketahui tengah melakukan trial pengeboran atau uji coba. Sebab pemasangan tiang lintasan di Sungai Musi harus benar-benar diperhitungkan, selain itu dipasang juga sensor agar tidak menggangu jembatan Ampera ketika alat tengah mengebor Sungai.

Diprediksi pengerjaan empat tiang lintasan LRT dengan ukuran pondasi memakai bor pas ukuran 1,5 meter akan selesai pada akhir 2017 ini.

Penulis: Siemen Martin
Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved