Breaking News:

Bosan di Dalam Kelas, Siswa Diajak Belajar di Kelas Alam

Rasa jenuh saat belajar didalam ruangan kerap kali menghantui para pelajar untuk menjadi malas belajar.

TRIBUNSUMSEL.COM/MOCHAMAD KRISNARIANSYAH
Suasana siswa SMP 39 saat belajar di kelas alam, Senin (15/2/2016). Disini, saat siswa bosan belajar di dalam kelas maka guru bisa mengajak siswa belajar di liar kelas. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Mochamad Krisnariansyah

TRIBUNSUMSEL.COM,PALEMBANG – Rasa jenuh saat belajar didalam ruangan kerap kali menghantui para pelajar untuk menjadi malas belajar.

Tentunya ini menjadi permasalah di semua sekolah, namun di SMPN 39 Palembang kebosanan belajar di ruangan bisa teratasi dengan mengajak siswa belajar diluar.

Sekolah yang berlokasi JL. Amin Fauzi No.109,kecamatan Gandus, senin (15/02/2016).Siswanya dapat belajar dengan suasana alam yang dikenal dengan kelas alam ,pastinya mampu mengusir rasa jenuh setiap siswa.

Memanfaatkan lahan berukuran 20 m x 20 m, pihak sekolah menyulap sebuah halaman depan Mushola yang tak terpakai dan sebelumnya terlihat kumuh.

Menjadi tempat yang rindang dan nyaman, dihiasi dengan beragam ornamen lukisan lafaz Arab dan gambar, serta beberapa pohon dan tanaman.

Ditambah dengan kolam ikan dan sangkat burung, membuat suasana layakan seperti di alam terbuka yang ada di pedesaan, berhasil membuat siswa bersemangat untuk belajar disana.

Hal ini dapat kita lihat, dari keseruan siswa yang belajar disana, tanpa harus mengujakan meja, mereka terlihat begitu senang.

Seperti yang dirasakan Vivi Amelia, siswa yang duduk di kelas 7, mengaku, lebih termotivasi dan senang saat bisa belajar di kelas alam.

Selain tidak membuat bosan, proses pembelajaran jadi kian menarik dibandingkan di dalam ruangan.

“Kita bisa melihat langsung belajar tumbuh tumbuhan yang ada di alam dengan melihat beberapa tanamanan di sini, lalu ketika proses pembelajaran agama, lebih enak ajah baca alquran di tempat terbuka dan rindang,” tuturnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved