6 Langkah Terhindar dari Penyakit Jantung dan Stroke

Pola makan berperan sangat besar dalam menentukan kadar Kolesterol dan kesehatan jantung Anda secara keseluruhan.

6 Langkah Terhindar dari Penyakit Jantung dan Stroke
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNSUMSEL.COM - Menurut data statistik Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, total angka kematian di Indonesia sekitar 21,1 persen disebabkan oleh strokedan 19,1 persen disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Kedua penyakit tersebut menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Dengan fakta tersebut, semakin nyata bahwa kita semua sudah seharusnya mengambil langkah-langkah penyelamatan supaya terhindar dari dua penyakit berbahaya tersebut.

1. Ketahui kadar Kolesterol Anda

Ada dua jenis Kolesterol yaitu low-density lipoprotein (LDL) atau Kolesterol jahat dan high-density lipoprotein (HDL) atau Kolesterol baik.

LDL diberi label Kolesterol "jahat" karena dapat menyebabkan plak dan penyumbatan pembuluh arteri. Penyumbatan ini bisa mengakibatkan serangan jantung dan stroke.

HDL disebut "baik" karena dapat membantu menghilangkan LDL dari pembuluh arteri, melindungi Anda dari risiko stroke dan serangan jantung.

Untuk mengetahui berapa kadar Kolesterol Anda, Anda harus memeriksakan diri ke dokter atau klinik kesehatan terdekat.

Kadar Kolesterol normal adalah berkisar dari 160-200 mg/dl. Artinya Kolesterol jumlah total kadar LDL (Kolesterol jahat), HDL (Kolesterol baik), dan trigliserida kurang dari 200 mg/dl.

2. Memahami gejalanya

Gejala serangan jantung sering berbeda antara pria dan wanita.

Halaman
1234
Editor: Yohanes Iswahyudi
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved