Gubernur Herman Deru: Kawal Proses Demokrasi Tugas Berat Sat Pol PP, Damkar dan Linmas

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran ke-100, Satuan Polisi Pamong Praja ke -69, dan HUT Sat Linmas ke-57

Gubernur Herman Deru: Kawal Proses Demokrasi Tugas Berat Sat Pol PP, Damkar dan Linmas
ISTIMEWA
Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran ke-100, Satuan Polisi Pamong Praja ke -69, dan HUT Sat Linmas ke-57 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran ke-100, Satuan Polisi Pamong Praja ke -69, dan HUT Sat Linmas ke-57 tingkat Provinsi Sumsel diperingati dalam upacara dengan inspektur upacara Gubernur Sumsel H Herman Deru bertempat di halaman rumah dinas Gubernur, Griya Agung Pelembang, Rabu (13/3).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tjahjo Kumolo dalam pidato tertulisnya yang dibacakan gubernur mengharapkan, dengan kian dewasa Sat Pol PP, Damkar, dan Sat Linmas diharapkan akan menjadi satuan yang dapat membanggakan negeri ini. Terkhusus untuk pemadam kebakaran, Mendagri mewajibkan untuk dijadikan menjadi satuan kerja sendiri dalam bentuk dinas.

“Satuan-satuan ini sudah menampakkan kemajuannya baik dari kinerja maupun perfoma yang baik. Pemerintah tentu terus akan memperbaiki infrastruktur mereka, dan yang paling penting adalah dalam segi keuangan,” tegas Gubernur.

Masih menurut Mendagri, aparatur Pemadam Kebakaran, Sat Pol PP, dan Sat Linmas sebagai aparatur pemerintahan, memiliki kompetensi handal di bidangnya, telah dibekali dengan kecerdasan lapangan sesuai dengan kondisi geografis daerah, sehingga dapat berperan dalam menjaga ketertiban dan dalam proses demokrasi.

“Tugas dari satuan-satuan ini sangat penting di dalam mengawal

jalannya proses demokrasi, menjaga keamanan fasilitas pemerintahan fasilitas umum, dan objek vital lainnya,” tambahnya.

Mendagri dalam pidato tertulisnya juga menambahkan, aparat yang ada di Pemadam Kebakaran, Sat Pol PP, dan Sat Linmas bukan hanya penjaga kota yang bertindak pasif, tetapi lebih dari itu, berperan aktif dalam proses pembangunan, melindungi hasil pembangunan, dan memberikan perlindungan masyarakat, dengan tujuan akhir peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Tugas Pemadam Kebakaran adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran, melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran,pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran serta penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan manusia,” tambahnya.

Usai upacara Gubernur dan para undangan menyaksikan atraksi ketangkasan anggota Sat Pol PP, Damkar dan Linmas.

Hadir dalam kesemptan ini Wakil Gubernur Sumatera Selatan H. Mawardi Yahya beserta istri, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumsel Febrita Lustia Deru, Kapolda Sumsel Irjen. Pol Drs. Zulkarnain Adinegara, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel Nasrun Umar, undangan dan sejumlah pejabat penting lainnya.

Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved