Pemilu 2019

Tata Cara Mudah dan Prosedur Serta Syarat Pengurusan Form A5 Pindah TPS 2019, Hanya Butuh 5 Menit 

KPU Kota Palembang mempersilakan para perantau atau warga kabupaten/Kota lain untuk dapat mengurus Formulir A5 atau pindah TPS

Tata Cara Mudah dan Prosedur Serta Syarat Pengurusan Form A5 Pindah TPS 2019, Hanya Butuh 5 Menit 
Tribun Sumsel/ Arief Basuki Rohekan
Staf logistik dan kasubag KPU Palembang sewaktu merakit sekitar 25 ribu kotak suara Pemilu 2019, Rabu (6/2/2019). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang mempersilakan para perantau atau warga kabupaten/Kota lain untuk dapat mengurus Formulir A5 atau pindah TPS (tempat pemungutan suara). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang mempersilakan para perantau atau warga kabupaten/Kota lain untuk dapat mengurus Formulir A5 atau pindah TPS (tempat pemungutan suara).

"Formulir A5 adalah Formulir yang diberikan kepada mereka yang ingin pindah memilih. Misalnya dari Kabupaten / Kota lain atau dari Provinsi lain," ungkap Komisioner KPU Kota Palembang divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM Yetty Oktarina.

Ia menjelaskan beberapa syarat dan prosedur pembuatan Formulir A5 untuk pindah TPS.

1. Mengecek apakah yang bersangkutan telah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dengan mengakses website KPU https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id.

2. Jika yang bersangkutan telah masuk dalam DPT maka formulir A5 dapat dikeluarkan. Silakan saja datang ke KPU Kota Palembang atau ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) terdekat dari domisili yang bersangkutan.

"Misalnya ada pemilih dari Lampung ingin memilih di Kota Palembang, dan kemungkinan pada hari pencoblosan tidak mungkin pulang. Maka di KPU Kota Palembang dapat mengurus A5 dengan catatan dia masuk di dalam DPT," katanya. 

Setelah mendapatkan A5 secara otomatis yang bersangkutan tidak dapat lagi menggunakan hak suara atau memilih di tempat asal tapi di TPS yang tercantum di formulir A5 yang akan diterbitkan.

Merdekawati Tidak Mengenal Sosok Jokowi dan Prabowo (Calon Presiden) Yang akan Berlaga Pada Pemilu

Ini Kategori Pemilih Berhak Dapat Pendampingan saat Pemilu 2019, Berikut Syarat Pendamping

"Istilahnya bukan dicoret tapi di arsir artinya data yang bersangkutan akan dipindahkan ke kota Palembang sehingga tidak lagi dapat memilih di kota asalnya. Untuk tempat kelurahan mencoblos mereka bisa tentukan sendiri namun untuk TPS akan ditentukan kemudian," jelasnya.

3. Adapun syarat untuk calon pemilih yang hendak mengajukan formulir A5 cukup membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan datang sendiri ke KPU (tidak dapat diwakilkan) kepada orang lain untuk mengantisipasi istilah mobilisasi massa.

" Untuk waktu pembuatan, saya sendiri sudah melakukan simulasi jika dalam kondisi normal atau pemohon A5 tidak terlalu banyak maka proses penerbitan formulir A5 hanya memakan waktu lima menit saja," jelasnya

Penulis: Yohanes Tri Nugroho
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved