Berita Palembang

Manfaatkan Banyaknya Limbah Sawit di Sumsel, 2 Warga Ini Mengolahnya Jadi Pakan Lele, Sapi, Ayam

Gagasan muncul dari seorang Srikandi asal Palembang yakni Siti Sundari yang melihat banyaknya limbah sawit yang tidak terpakai

Manfaatkan Banyaknya Limbah Sawit di Sumsel, 2 Warga Ini Mengolahnya Jadi Pakan Lele, Sapi, Ayam
Tribun Sumsel/ M Ardiansyah
Siti Sundari saat menjelaskan proses pembuatan pakan terbaik dari limbah sawit di Pasar Tradisional Karya Baru Talang Buruk Palembang, Kamis (28/2/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Gagasan muncul dari seorang Srikandi asal Palembang yakni Siti Sundari yang melihat banyaknya limbah sawit yang tidak terpakai.

Sejak itu Ia berpikir dan mengajak praktisi peternak untuk membuat pakan ternak yang murah dan terjangkau serta mudah mendapatkan bahan bakunya.

Dengan membentuk Gerbang Emas atau Gerakan Membangun Ekonomi Masyarakat, Siti Sundari mengajak berbagai pihak untuk mewujudkan idenya dengan tujuan membuat masyarakat terutama bagi peternak bisa mendapatkan pakan ternak dengan harga yang murah.

PGN Sudah Layani 1200 Pelanggan Rumah Tangga di Palembang, Salurkan Total 7,4 Juta Meter Kubik

Kisah Sedih ! Ayah Gantikan Putrinya Wisuda Pasca Meninggal Dunia Sehari Setelah Sidang Skripsi

"Ada gagasan itu dan banyak yang merespon. Sehingga, kami melakukan percobaan dan itu berhasil. Dari limbah sawit yang tidak terpakai, bisa dijadikan pakan ternak yang bagus tetapi harganya bisa sangat murah," ujarnya saat ditemui dalam acara pembukaan pelatihan pembuatan pakan ternak di Pasar Tradisional Karya Baru Talang Buruk Palembang, Kamis (28/2/2019).

Dari limbah sawit yang diolah, bisa dijadikan berbagai pakan hewan ternak. Mulai dari ayam, itik, bebek, sapi, kambing hingga ikan lele bisa dibuat dengan hanya bahan dasar limbah sawit.

Nantinya, peternak juga tidak perlu mengeluarkan cost yang tinggi untuk pakan ternaknya.

Selain itu, peternak juga bisa juga mengikuti pelatihan cara membuat pakan ternak sendiri dengan bahan dasar limbah sawit.

"Kendalanya cuma satu, belum memiliki pabrik. Kalau bahan dasar kita bisa peroleh dan memang berlimpah di Sumsel ini. Kalau dari sisi Pemerintah sudah mensupport dan tinggal eksekusi untuk pembuatan pabriknya," ujarnya.

Jadwal Piala Presiden 2019, Pertandingan Pembuka Persib vs Tira Persikabo Sabtu (28/2) 15.30 WIB

Kata Kata Bijak dan Mutiara Tentang Kehidupan dan Cinta, Ada Mario Teguh, Pidi Baiq, Tere Liye

Bagaimana cara masyarakat bisa mendapatkan pelatihan di Gerbang Emas ?

Menurut Siti Sundari, masyarakat bisa datang ke tempat pelatihan di Pasar Tradisional Karya Baru Talang Buruk Palembang.

Halaman
12
Penulis: M. Ardiansyah
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved