Berita Prabumulih

Kajari Prabumulih Kumpulkan Lurah dan Kades, Ingatkan Jangan Karena Dana Sedikit Masuk Sel

Seluruh lurah dan kades di Kota Prabumulih dikumpulkan untuk mendapatkan pengarahan maupun penerangan terkait hukum oleh para jaksa

Kajari Prabumulih Kumpulkan Lurah dan Kades, Ingatkan Jangan Karena Dana Sedikit Masuk Sel
Tribun Sumsel/ Edison
Jajaran Kejari Prabumulih dan seluruh lurah serta kades foto bersama usai pemberian pengarahan, Selasa (12/2/2019) 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Edison Bastari

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH-Untuk mengantisipasi agar penggunaan dana desa dan dana kelurahan tidak menyimpang, Kejaksaan Negeri (Kejari) kota Prabumulih mengumpulkan seluruh kepala desa (Kades) serta lurah di Bumi Seinggok Sepemunyian.

Seluruh lurah dan kades di Kota Prabumulih dikumpulkan untuk mendapatkan pengarahan maupun penerangan terkait hukum oleh para jaksa.

Selain itu dalam pemberian pengarahan tersebut juga duhadiri Inspektorat, kepala PMD dan Polres Prabumulih.

"Ini merupakan langkah dan kontribusi kita bersama pemerintah dalam melakukan pencegahan terhadap penyalahgunaan dana desa dan kelurahan," ungkap Kepala Kejaksaan Negeri Kota Prabumulih, M Husein Atmaja dalam kegiatan pertemuan di ruang rapat Kejari Prabumulih, Selasa (12/2/2019).

Recruitment Masinis PT KAI 2019 Hanya Sampai 16 Februari 2019, Registrasi (Daftar) di Sini

Viral Guru Dicekik Murid di Gresik, Nur Kalim Tolak Tawaran Tampil di TV, Tolak Umrah & Bingkisan

Husein mengharapkan, melalui kegiatan tersebut dana desa dan kelurahan yang diterima tahun ini bisa dikelola secara benar sehingga tidak menimbulkan masalah pidana kedepannya.

"Jangan sampai gara-gara mengelola dana desa atau kelurahan membuat kades maupun lurah menjadi bermasalah hukum atau masuk sel tahanan, karena sekecil apapun dana itu disimpangkan tetap saja salah dan akan berurusan dengan hukum," tegasnya.

Jika bermasalah dengan hukum selain akan mencoreng nama baik pemerintahan kota Prabumulih juga akan membuat nama baik keluarga dan keturunan akan rusak serta tidak baik.

"Apalagi saat ini penggunaan dana desa terbaik di Sumsel ada di Prabumulih berdasarkan kecepatan, penyusunan rencana pembangunan APBDes, laporan pertanggung jawaban dan pengelolaan dana desa. Jika terjadi penyimpangan maka akan rusak atau runtuh semua itu," ungkap Husein.

Tamara Bleszynski Kasih Restu untuk Hubungan Mereka, Ini Ungkapan Hati Kekasih Baru Mike Lewis

Disdukcapil Ogan Ilir Jadwalkan Gelar Itsbat Gratis Tiga Hari, Catat Tanggalnya

Khusus untuk tiga desa di Prabumulih yang menjadi penerima dana desa terbesar di Sumsel, diingatkan pria yang pernah bertugas di Aceh itu agar ekstra hati-hati mengelola maupun menggunakan dana.

"Tidak hanya menjadi penerima dana terbesar di Sumsel namun bahkan di Indonesia, tiga desa penerima dana desa terbesar tersebut tentu menjadi sorotan," bebernya.

Kajari menambahkan, selain akan terus melakukan penyuluhan, pihaknya juga akan mengawasi penggunaan dana desa dan kelurahan apalagi dalam satu tahun akan ada dua kali pelaporan baik administrasi dan fisik di lapangan.

"Kami juga mengimbau jika dalam penyelenggaraan maupun penggunaan dana mengalami kendala hendaknya segera berkoordinasi dengan kami dan pemerintah," tambahnya.

Istri Mandala Shoji Cerita Kondisi Kamar Tahanan yang Dihuni sang Suami, Banyak Kecoa dan Kelabang

Gelang Retak Seribu dan Bros Etnik Jadi Buruan Wanita

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kota Prabumulih, Aris Priyadi mengatakan jika tiga sesa penerima dana desa tertinggi antara lain Desa Pangkul, Muara Sungai dan Tanjung Telang yang mencapai Rp 2,2 miliar belum ditambah dengan Anggaran Dana Desa (ADD).

"Untuk dana desa memang kita tertinggi, karena memang belum ada informasi yang lebih besar lagi. Tapi kalau sudah ditambah ADD mungkin di pulau Jawa yang tinggi, kita kalau ditambah dengan ADD ketiga desa tersebut bisa mencapai Rp 3 miliaran lebih," ujarnya. 

Penulis: Edison
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved