Pemilu 2019

24 Caleg di Sumsel Mundur dari DCT, 8 Orang Beralasan Lulus CPNS dan 3 Orang Masih PNS

Selain 2 caleg ditingkat provinsi, terdapat 22 caleg tingkat Kabupaten/ kota di Sumsel yang memilih mundur, meski sudah ditetapkan jadi DCT

24 Caleg di Sumsel Mundur dari DCT, 8 Orang Beralasan Lulus CPNS dan 3 Orang Masih PNS
Tribun Sumsel/ Arief Basuki Rohekan
Komisioner KPU Sumsel Divisi Hukum dan Pengawasan Heriyadi 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Sejumlah 24 calon anggota legislatif (Caleg) di provinsi Sumsel (provinsi, kabupaten/ kota), yang terdaftar di KPU mengajukan pengunduran diri dari Daftar Caleg Tetap (DCT).

Dari data KPU Sumsel, 24 caleg itu terdiri dari 2 caleg tingkat provinsi Sumsel yaitu Badaruddin (Dapil IX) dari PDI Perjuangan, yang memilih tetap jadi Kades di Muba.

Kemudian Sudirman Teguh (Dapil II) dari PPP yang telah menyatakan mundur sebelum ditetapkan DCT.

Komisioner KPU Sumsel Divisi Hukum dan Pengawasan Heriyadi membenarkan, jika ada belasan caleg di Sumsel yang mengundurkan diri, meski sudah ditetapkan DCT sebelumnya.

"Proses pengunduran diri caleg ini sesuai Surat Edaran (SE) KPU RI, nomor 31 /2019 tentang pengunduran diri caleg," kata Hepriyadi, Rabu (30/1/2019).

Paksa Bayar Parkir dan Lukai Pemilik Mobil, Juru Parkir di Pasar Kuto Palembang Ini Dibekuk Polisi

Ahmad Dhani Dipenjara. Al Ghazali dan Dul Jaelani Ambil Tanggung Jawab Ini Gantikan Posisi Sang Ayah

Selain 2 caleg ditingkat provinsi, terdapat 22 caleg tingkat Kabupaten/ kota di Sumsel yang memilih mundur, meski sudah ditetapkan jadi DCT.

Musi Rawas (1), OKUS (1), OKU (1), OKUT (2), Empatlawang (2), OI (1), Banyuasin (1), Muba (3), Pagar Alam (1), OKI (2), Palembang (1), Prabumulih (1), Lubuk Linggau (1), dan Muara Enim (4).

"Mayoritas pengunduran diri caleg ini, mayoritas lulus CPNS (8 orang) . Selain itu meninggal dunia (5), atau masih PNS (3) serta keikhlasan mundur sendiri (8)," ucapnya.

Konser Dewa 19 di Malaysia Tanpa Ahmad Dhani, Terungkap Sosok Ini Bakal Gantikan Posisinya

Konser Dewa 19 di Malaysia Tanpa Ahmad Dhani, Terungkap Sosok Ini Bakal Gantikan Posisinya

Diungkapkan Hepriyadi, pengunduran caleg dari DCT bisa dilakukan, jika memenuhi 3 syarat sesuai SE KPU RI yang baru. Salah satunya mundur jadi keanggotaan partai, menjadi caleg gugur.

Syarat tidak memenuhi pencalonan ada tiga, meninggal dunia, keluar dari parpol, atau di pidana dengan kekuatan hukum tetap atau inkrah khususnya pidana dokumen pencalonan.

Halaman
12
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved