Bagaimana Caranya Orangtua Mendidik Anak Supaya Tidak Berbohong, Ini Penjelasan Pakar Anak

Anak saya usia 5 tahun. Suatu hari dia menggunting retsleting tas saya, mungkin tanpa sengaja. (Saya tak lihat langsung)

Bagaimana Caranya Orangtua Mendidik Anak Supaya Tidak Berbohong, Ini Penjelasan Pakar Anak
Thinkstockphotos
Ilustrasi 

Pertanyaan:

DOKTER, anak saya usia 5 tahun. Suatu hari dia menggunting retsleting tas saya, mungkin tanpa sengaja. (Saya tak lihat langsung, tapi hanya ada anak saya di dekat tas itu, dan ada gunting di sana).

Tapi saat saya tanya siapa yang menggunting tas itu, anak saya tak mau mengaku. Saya sampaikan tidak akan marah, cuma ingin ia menjadi jujur. Anak saya masih tak mau mengaku. Gimana ini dokter. Makasih.

Jawaban dokter Spesialis Anak, dr Yuli Amuntiarini SpA MKes

TERIMAKASIH atas pertanyaannya. Kejujuran pada anak sangat dipengaruhi contoh dari kedua orang tua setiap harinya.

Bila inginkan anak berkata jujur seperti pada situasi ini, maka tidak bisa terburu buru, karena usia 5 tahun masih terbatas perbendaharaan katanya.

Mungkin sebenarnya anak ingin menceritakan namun belum dapat merangkai cerita yang benar, bukan karena dia tidak jujur. Dan karena ibu tidak menyaksikan siapa yang menggunting tas nya, maka tidak serta merta menganggap anak yang melakukannya.

Tugas orang tua adalah melatih anak berkomunikasi lebih sering, perluas wawasan kata katanya, termasuk di antaranya membacakan buku anak anak tentang kejujuran, seperti Pinokio, kancil dan kura kura, dan lainnya.

Orang tua dapat pula menceritakan kejadian atau masalah yang ada, misalnya hari ini orang tua akan pergi ke pasar, suasana ramai, maka anak anak tinggal di rumah.

Semakin sering orang tua bercerita, maka anak anak pun semakin mudah menceritakan dirinya, termasuk kejujuran akan sesuatu.

Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved