Berita Video

VIDEO : RS Jiwa Ernaldi Bahar Palembang, Lihat Fasilitasnya yang Memanusiakan Manusia

Pemilu Legislatif (Pileg) masih sekitar enam bulan lagi, atau tepatnya diselenggarakan pada 17 April 2019.

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pemilu Legislatif (Pileg) masih sekitar enam bulan lagi, atau tepatnya diselenggarakan pada 17 April 2019.

Berbagai persiapan dilakukan jelang pesta demokrasi lima tahunan tersebut, termasuk hal yang menyangkut personal para calon legislatif (caleg) itu sendiri.

Sudah menjadi rahasia umum, tidak sedikit caleg yang gagal pada Pemilu, mereka dirawat di rumah sakit jiwa guna meredakan dan menyembuhkan depresi yang dialami pascakekalahan di perhitungan suara.

Baca: VIDEO : Inilah Kumpulan Modifikasi Mobil Keren di Acara MBTech Auto Combat 2018 Palembang

Meski tidak memiliki ruangan khusus caleg depresi, sejumlah klinik maupun rumah sakit di Palembang pun bersiap menyambut para caleg yang kemungkinan menjadi pasien mereka tahun depan.

"Bagi caleg depresi yang akan atau kemungkinan ditempatkan di sini, kita siapkan kamar-kamar, ada VIP, kelas 1, kelas 2. Kalau ruang khusus untuk caleg stres tidak ada. Semua ruangan itu sudah kita persiapkan untuk semua, siapapun pasiennya," kata Wakil Direktur Umum Rumah Sakit Ernaldi Bahar, Rusdi Kawilarang, Palembang kepada Tribun Sumsel.com, Rabu (26/9/2018).

Tidak adanya perlakuan khusus bagi caleg depresi, lanjut Rusdi, karena RS Ernaldi Bahar berkomitmen melayani pasien dari berbagai lapisan masyarakat yang membutuhkan perawatan, terutama soal kejiwaan.

"Kalau misalnya ada caleg yang datang ke sini dan minta diobati, ya kita tampung. Tinggal mereka pilih, misalnya ruangan mana, VIP, kelas 1, kelas 2 dan sebagainya," ucapnya.

Baca: VIDEO LIMO : Patut Kalian Kunjungi, Inilah 5 Tempat Taman Wisata Terpopuler di Sumatera Selatan

Rusdi menjelaskan, sama seperti rumah sakit jiwa lainnya, RS Ernaldi Bahar Siap melayani pasien, di antaranya ruang rawat jalan, rawat inap.

"Ada tiga ruang rawat inap laki-laki, dua rawat inap perempuan, satu ruang rawat khusus detoksifikasi dan rehabilitasi narkoba. Ada juga satu ruang khusus isolasi pasien gelisah," paparnya.

Dilanjutkannya, ada tujuh dokter ahli jiwa atau psikiater dan lima orang psikolog yang bertugas di RS Ernaldi Bahar.

Adapun pelayanan penunjang yakni fisioterapi, laboratorium, informasi gizi, rehabilitasi, tetapi wicara, terapi okupasi dan psikologi.

Baca: VIDEO : Marion Jola Tampil Manja Saat Bawakan Lagu New Rules di Bingen Cafe

Dokter spesialis non jiwa pun disiapkan, yakni spesialis penyakit saraf, penyakit dalam, kulit dan kelamin, kebidanan, THT dan kepala leher, spesialis anak, kedokteran gigi serta patologi.

"Jadi itu. Kalau persiapan khusus bagi caleg stres tidak ada. Kita sediakan layanan pada umumnya dan sesuai standar yang ditetapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes)."

"Jadi silakan datang kalau memang ada gangguan, depresi, kita layani. Pelayanannya sama seperti masyarakat pada umumnya, tidak ada perbedaan," tandasnya.

Tonton videonya di atas

Penulis: Agung Dwipayana
Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved