Gojek Liga 1

5 Opsi Sanksi Bagi Persija Jakarta dan Persib Bandung, Pengurangan Poin Hingga Degradasi

Genesport Institute melalui kajian dalam ranah hukum olahraga, lex sportiva, memiliki 5 opsi hukuman yang dapat diterapkan kepada Persib dan Persija.

5 Opsi Sanksi Bagi Persija Jakarta dan Persib Bandung, Pengurangan Poin Hingga Degradasi
FERNANDO RANDY/TABLOID BOLA
Para pemain Persib dan Persija berkumpul di tengah lapangan pada laga Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (23/9/2018). 

TRIBUNSUMSEL.COM - Lembaga riset kebijakan olahraga, Genesport Institute, memberikan lima rekomendasi hukuman yang bisa diberikan kepada Persib Bandung maupun Persija Jakarta.

Rekomendasi ini dikeluarkan terkait insiden yang terjadi di area Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jawa Barat pada Minggu (23/9/2018).

Seorang suporter Persija Jakarta yang hendak menyaksikan tim kesayangannya berlaga melawan Persib Bandung, Haringga Sirila, tewas mengenaskan dikeroyok sekelompok oknum suporter Maung Bandung.

Tragedi tragis tersebut tentunya menjadi pukulan telak bagi persepakbolaan Indonesia.

Kini, kondisi dan situasi sepak bola tanah air tengah dalam masa yang tidak menentu.

Baca: Piala Asia U-16 : Link Streaming Indonesia vs India Kamis (27/9), Imbang Cukup ke Perempat Final

Baca: PGN Setop Suplai Gas 6 Ribu Pelanggan di Palembang Dampak Kebakaran Bengkel Dekat Pipa PGN

Laju roda kompetisi Liga 1 2018 tengah dihentikan hingga waktu yang belum ditentukan.

Namun, hukuman bagi kedua tim terkait masih belum dikeluarkan oleh PSSI melalui komisi disiplinnya.

Genesport Institute melalui kajian dalam ranah hukum olahraga, lex sportiva, memiliki lima opsi hukuman yang dapat diterapkan kepada Persib dan Persija.

Melalui kajian itu juga, PSSI dapat memberikan hukuman berat dengan tujuan memberi efek jera kepada kedua klub, khususnya untuk kubu tuan rumah yang sebagian suporternya terbukti melakukan kekerasan tersebut.

"Mengingat kejadian ini terus berulang, maka kami menyarankan hukuman yang diberikan pun harus mencerminkan titik terberat agar ada efek jera yang ultra maksimal,” kata Amal Ganesha, Direktur Eksekutif Ganesport Institute seperti dikutip dari rilis yang diterima, Kamis (27/9/2018) pagi.

Halaman
12
Editor: Slamet Teguh Rahayu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved