CPNS 2018

Syarat CPNS 2018-Nomor NIK KK dan KTP Tidak Sesuai, Disdukcapil Prabumulih Siapkan Petugas Khusus

Setiap hari warga yang mengurus singkron nomor NIK di KTP dan KK ini terus mengalami peningkatan selama masa pengumuman CPNS 2018

Syarat CPNS 2018-Nomor NIK KK dan KTP Tidak Sesuai, Disdukcapil Prabumulih Siapkan Petugas Khusus
Tribun Sumsel/ Edison
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Yudhi Apriadi SH 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Edison Bastari

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Kota Prabumulih memberikan perhatian khusus pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (SPNS).

Sebab sekarang makin jumlah warga memeriksa serta menyinkronkan Nomor Induk Kependudukan di KTP dan KK.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Yudhi Apriadi SH mengungkapkan, untuk memudahkan masyarakat mengurus singkron NIK KTP dan KK pihaknya bakal menyediakan petugas khusus melayani keperluan masyarakat tersebut.

Baca: Hasil Piala Asia Indonesia U-16 vs Iran U-16, Gol Cepat Bagus Kahfi Bawa Indonesia Unggul

Baca: Aksi Baim Wong Hebohkan Stasiun Kereta Api, Kenakan Kostum Power Ranger Tapi Lihat Alas Kakinya

"Setiap hari warga yang mengurus singkron nomor NIK di KTP dan KK ini terus mengalami peningkatan apalagi setelah adanya pengumuman CPNS karena menurut informasi mendaftar harus pakai NIK KTP dan KK,"

"Untuk itu dalam memudahkan masyarakat serta antisipasi antrean kita akan sediakan petugas khusus mengurus itu," ungkap Yudhi ketika diwawancarai wartawan di ruang kerjanya, Jumat (21/9/2018).

Menurut Yudhi, untuk mengurus keperluan tersebut masyarakat cukup mendatangi kantor Disdukcapil di lantai 7 gedung Pemkot Prabumulih dengan membawa KTP dan KK yang bersangkutan.

Baca: Ada 3 Orang Caleg DPRD Lahat Mantan Narapidana Kasus Narkoba, Indi Daftar DCT Lahat

Baca: Oded si Walikota, Pernah di PHK Bahkan Menjual Es Tongtong

"Pengurusan tidak lama dan tidak dipungut biaya atau gratis, proses singkron sendiri hanya bisa dilakukan di instansi kita karena harus online," tuturnya.

Disinggung apa penyebab sering tidak cocoknya NIK di KK dan KTP, Yudi menuturkan hal itu biasanya disebabkan karena warga tersebut pindah, berganti KTP namun tidak dilaporkan kepada disdukcapil.

"Biasanya selisih sedikit misal di akhir NIK KK nomor 1 tapi di KTP nomor 2, itu akan diperbaiki dan dilaporkan sehingga data diubah."

"Pelaporan ini kalau tidak dilakukan maka contoh kita daftarkan kartu SIM Card Handphone saja tidak bisa tapi jika singkron maka bisa dilakukan," bebernya.

Untuk diketahui, saat ini hampir sebagaian besar daerah dan kementerian melakukan penerimaan CPNS yang telah mulai diumumkan sejak tanggal 19 September 2018 lalu. Dalam proses pendaftaran sendiri diperlukan NIK KTP dan KK, jika tidak singkron maka kemungkinan pendaftaran pelamar tidak akan bisa dilakukan.(eds)

Penulis: Edison
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help