Berita Lubuklinggau

Berita DPT Ganda -KPU Lubuklinggau Tetapkan DPT Pemilu 155.790 Turun 3.829 dari DPT Pilkada 2018

Setelah melakukan percermatan terhadap kegandaan dari hari Rabu hingga Kamis (13/9/2018) kemarin ditetapkan DPT sebanyak 155.790

Berita DPT Ganda -KPU Lubuklinggau Tetapkan DPT Pemilu 155.790 Turun 3.829 dari DPT Pilkada 2018
Tribun Sumsel/ Eko Hepronis
Kantor KPU Kota Lubuklinggau 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Eko Hepronis.

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Lubuklinggau menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) hasil pencermatan terhadap kegandaan.

Hasilnya setelah melakukan percermatan terhadap kegandaan dari hari Rabu hingga Kamis (13/9/2018) kemarin, pukul 23.55 WIB ditetapkan DPT sebanyak 155.790.

Jumlah DPT yang ditetapkan saat ini mengalami penurunan sebanyak 3.829 DPT dari yang dipakai saat Pilkada serentak lalu sebanyak 159.619 DPT.

Baca: Fadli Zon : Iklan Capaian Pemerintah Harus Diverifikasi Benar atau Tidak, Jangan-jangan Hoaks

Baca: Luis Milla di Deadline, PSSI Siapkan Pelatih Baru Untuk Tangani Timnas Indonesia

Ketua KPUD Kota Lubuklinggau Lukman Hakim mengatakan pencermatan terhadap kegandan itu dilakukan setelah adanya temuan dari partai politik jika jumlah DPT se Indonesia ada kegandaan sebanyak 25 juta.

"Itulah sebabnya seluruh KPU di seluruh Indonesia disuruh melakukan pengecekan ulang," ujarnya pada Tribunsumsel.com, Jumat (14/09/2018).

Ia menuturkan hasil pencermatan ternyata Kota Lubuklinggau ditemukan 3.829 DPT ganda. Menurutnya jumlah DPT ganda itu disebabkan oleh banyak faktor.

Baca: Sandiaga Sebut Erick tak Minat Politik Sejak Muda, Minatnya Olahraga

Baca: Jatuh Sakit, Billy Syahputra Terkena Tifus Gegara Masalah Hilda? Nikita Mirzani Angkat Bicara

"Pertama karena orangnya meninggal dunia tidak melapor, kedua karena pindah wilayah, kemudian karena penambahan saat pengimpunan data saat pelaksanaan Pilkada kemarin," tuturnya.

Lukman pun mengaku proses pencermatan terhadap kegandaan sempat terkendala server yang tidak selalu stanby, sehingga pihaknya harus koordinasi terlebih dahulu dengan KPU RI.

"Kesulitan diaplikasi karena KPU RI belum punya aplikasi sendiri dan masih memakai punya Universitas Indonesia (UI). Tapi setelah koordinasi dan menunggu akhirnya bisa dibuka sekarang sudah selesai," ungkapnya.

Baca: Kemendes Apresiasi Kisah Sukses Penanggulangan Kemiskinan Dan Gelaran Bursa Inovasi Desa di MUBA

Lukman juga meminta kepada masyarakat Kota Lubuklinggau yang belum yang belum terdaftar sebagai pemilih untuk untuk segera melapor ke Panwaslu.

"Sehingga nanti bisa segera ditambahkan sebagai DPT tambahan," ujarnya.

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved