Ingin Petugas Layanan Administrasi Kependudukan di Sumsel Layaknya Front Office di Bank

front office atau bagian informasi harus ditempatkan petugas cakap dalam berkomunikasi dan memiliki pemahaman produk di Disdukcapil

Ingin Petugas Layanan Administrasi Kependudukan di Sumsel Layaknya Front Office di Bank
Tribun Sumsel/ Linda Trisnawati
Suasana Bimbingan Teknis Petugas Pelayanan Administrasi Kependudukan (Front Office) Kabupaten/Kota se Sumsel tahun 2018 di Kantor Disdukcapil Sumsel, Rabu (5/9/2018). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sumatera Selatan mengadakan Bimbingan Teknis Petugas Pelayanan Administrasi Kependudukan (Front Office) Kabupaten/Kota se Sumsel tahun 2018.

"Bimbingan teknis ini diikuti 17 Kabupaten/Kota yang ada di Sumsel. Dengan peserta 34 orang, karena masing-masing daerah mengirimkan dua orang peserta," ujar Kepala Disdukcapil Sumsel, Reinhard Nainggolan saat pembukaan Bimbingan Teknis di Kantor Disdukcapil Sumsel, Rabu (5/8/2018).

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa diadakanya bimbingan teknis ini mengacu pada undang-undang nomor 24 tahun 2013, tentang perubahan atas undang-undang nomor 23 tahun 2006 tentang adiministrasi kependudukan.

Baca: Egy Maulana Vikri Siap Jadi Wonderkid di Gim Football Manager 2019

Baca: Billy Dirawat di RS, Keberadaan Infus Dipertanyakan: Penasaran Infusannya Dimana?

Lalu adanya peraturan menteri dalam negeri nomor 19 tahun 2018, tentang peningkatan kualitas layanan adiministrasi kependudukan.

"Tujuan kegiatan ini agar dapat memberikan pembekalan teknis kepada petugas pelayanan adminduk (administrasi kependudukan) di Kabupaten/Kota Provinsi Sumsel, sehingga dalam pelaksanaan tugasnya petugas pelayanan administrasi Kabupaten/Kota Provinsi Sumsel memiliki kemampuan melayani yang standar dan kompeten," katanya.

Menurutnya, front office atau bagian informasi harus ditempatkan petugas yang cakap dalam berkomunikasi dan memiliki pemahaman tentang produk yang ada di Disdukcapil seperti pelayanan KTP-el, pembuatan akte kelahiran hingga kematian.

Baca: Gaji Cristiano Ronaldo di Juventus Bisa Bayar Seluruh Pemain di 10 Klub Seria A Italia

Baca: Diprotes Hingga Dugaan Alami Persekusi usai Batalkan ILC, Karni Ilyas: Tak Semua Bisa Dikatakan

"Tugas front office ini kan di depan memberikan pelayanan terdepan. Untuk itu perlu pembenahan agar front office yang ditempatkan memang menguasai materi. Dengan begitu diharapkan bisa memberikan pelayanan secara prima kepada masyarakat," cetusnya.

Para front office ini tak berbeda jauh seperti yang ada di perbankan ataupun instansi lainnya.

Jadi front office nya harus berpakaian rapi, ramah, menguasai materi, memberikan pelayanan kepada masyarakat agar masyarakat tidak binggun lagi terhadap masalah yang ditanyakan

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved