Samsat Datangi Langsung Penunggak Pajak Bermotor Efektif Tingkatkan Realisasi Penerimaan Pajak

Samsat wilayah I juga optimis bisa memenuhi target capaian realisasi pendapatan PKB dan BBNKB tahun ini sebesar Rp 767,8 miliar

Samsat Datangi Langsung Penunggak Pajak Bermotor Efektif Tingkatkan Realisasi Penerimaan Pajak
Tribun Sumsel/ Arief Basuki Rohekan
Kepala Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) pengelolaan pendapatan daerah Samsat wilayah Palembang I, Alkala Zamora 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) wilayah Palembang I mencatat, hingga Agustus 2018 telah merealisasikan penerimaan pajak daerah, daerah pendapatan pajak kendaraan bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) pada tahun 2018, sudah diatas 70 persen dari target.

Samsat wilayah I juga optimis bisa memenuhi target capaian realisasi pendapatan PKB dan BBNKB tahun ini, yang dibebankan yakni sebesar Rp 767,8 miliar.

Baca: Setiap Hari 1000 Orang Saksikan Atraksi Air Mancur Menari di Halaman PTC Mal

"Realisasi penerimaan sudah on the track, dan kita optimis target nanti teralisasi," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) pengelolaan pendapatan daerah Samsat wilayah Palembang I, Alkala Zamora, Senin (27/8/2018).

Menurut Alkala, jenis pungutan PKB dari target Rp 406,6 miliar sudah teralisasi hingga 25 Agustus sebesar Rp 286,5 miliar atau 70,47 persen.

Baca: Mengenal Radang Usus, Penyakit yang Merenggut Nyawa Ustaz Cepot

"Sementara realisasi pungutan untuk BBNKB dari target Rp 361,1 miliar sudah teralisasi sebesar Rp 265,5 miliar atau 73,52 persen," tandasnya.

Diterangkannya, dengan masih tersisa empat bulan lagi dari tutup buku, Alkala menaksir persentase capaian target akan meningkat dan kemungkinan besar over target.

Baca: Kisah Mendiang Ustaz Cepot Sempat Jualan Asongan Hingga Jalan ini Jadikannya Seorang Penceramah

"Berkaca dari realisasi tahun lalu, capaian pungutan PKB over target atau lebih dari 100 persen, sementara BBNKP hanya kurang sekitar 0,5 persen," jelasnya, seraya target tahun ini jelas lebih besar dibanding tahun 2017.

Ditambahkan Alkala, target yang ada diwilayah kerjanya tersebut merupakan kewenangan pemerintah provinsi dalam hal ini Bapenda Sumsel, dan pihaknya hanya menjalankannya dan berusaha keras mencapainya.

Baca: Selain Serda Rifki Ardiansyah, Ini Atlet dari Militer Berjuang Harumkan Indonesia di Asian Games

"Upaya kita, salah satunya terhadap WP (wajib pajak) yang menunggak kita datangi langsung secara door to door. Memang WP saat itu tidak bayar dimuka, tetapi mereka patuh membayar di hari selanjutnya," pungkas Alkala.

Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help