Liga Champions

Sudah Diterapkan di Piala Dunia 2018, VAR Belum Digunakan Untuk Liga Champions, Ini Alasannya

UEFA masih mengevaluasi dan mempertimbangkan penggunaan VAR dalam turnamen-turnamen yang mereka bawahi, termasuk Liga Champions.

Sudah Diterapkan di Piala Dunia 2018, VAR Belum Digunakan Untuk Liga Champions, Ini Alasannya
NET

TRIBUNSUMSEL.COM - Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) masih mengevaluasi dan mempertimbangkan penggunaan video assistant referee (VAR) dalam turnamen-turnamen yang mereka bawahi, termasuk Liga Champions.

UEFA membawahi banyak turnamen dan kompetisi, yaitu Piala Super Eropa, Liga Champions, Liga Europa, Piala Eropa, dan Nations League (Liga Negara Eropa).

Hingga saat ini, UEFA sebagai penyelenggara masih belum memutuskan untuk menggunakan VAR, meski hal tersebut telah diterapkan oleh Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) pada Piala Dunia 2018 di Rusia.

Baca: Hargai Perjuangan Anthony Ginting di Asiang Games 2018, Artis-artis ini Tulis Pesan Haru

Melalui pernyataan resmi seperti dikutip BolaSport.com dari Press Association Sport, UEFA masih mempertimbangkan untuk menggunakan VAR karena ada banyak sarana dan prasarana yang perlu ditambah dalam penerapannya.

“UEFA terus mencari cara untuk dapat meningkatkan kualitas kompetisi dan secara seksama kami memerhatikan pelaksanaan penggunaan VAR yang saat ini sedang diuji coba di berbagai event," tulis ofisial UEFA seperti dikutip BolaSport.com dari Press Association Sport.

Baca: Fadli Zon Ubah Metode Poling Pilpres 2019 di akun Twitternya, Prabowo Kini Malah Unggul dari Jokowi

“Kami masih melihat adanya beberapa ketidakpastian mengenai implementasi VAR dan kami pikir sangat penting bahwa ruang lingkup aplikasi, interpretasi, serta dukungan teknologi menjadi jelas bagi semua, termasuk penonton, agar terbukti sepenuhnya."

Selain itu, UEFA juga mengatakan bahwa pihaknya masih berpikir untuk mengatasi sejumlah kesulitan di bidang operasional, logistik, dan perwasitan untuk menerapkan VAR di event-event yang mereka bawahi.

Baca: Live Streaming Asian Games 2018 Cabor Sepakbola Indonesia vs UEA, Indonesia Unggul Segalanya

“Kami akan terus memantau hasil dan melihat bagaimana sistem tersebut dapat bekerja sambil mempertahankan alur permainan yang ada sebelum memutuskan untuk memperkenalkannya di kompetisi kami," lanjut ofisial UEFA.

Editor: Slamet Teguh Rahayu
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help