Caleg 2019

Prosedur Tanggapi Daftar Caleg Sementara (DCS), KPU TIdak Layani Lewat Telepon dan Surat Kaleng

Harus melampirkan bukti dan identitas pelapor. Misalnya dengan melampirkan foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Prosedur Tanggapi Daftar Caleg Sementara (DCS), KPU TIdak Layani Lewat Telepon dan Surat Kaleng
Tribun Sumsel/ Retno Wirawijaya
Ketua KPU OKU, Naning Wijaya 

TRIBUNSUMSEL.COM,BATURAJA – Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) tidak akan melayani surat kaleng atau laporan melalui telepon, yang dilakukan masyarakat dalam menanggapi atau melaporkan Bakal Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) OKU yang diumumkan melalui DCS.

“Pasca DCS di umumkan sejak, Minggu 12 Agustus 2018 kemarin masyarakat memang kita himbau memberikan tanggapam atau laporan terhadap bakal calon Anggota DPRD OKU. Masa memberikan tanggapan atau laporan selama 10 hari dimulai dari awal diumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) oleh KPU,” jelas Naning kepada wartawan, Senin (13/8/2018) siang di kantornya.

Baca: Antisipasi Listrik Padam Selama Asian Games, PLN Kerahkan 350 Petugas Siaga 24 Jam

Naning menjelaskan, dalam memberikan tanggapan atau laporan terhadap bakal calon DPRD OKU, juga harus jelas. Harus melampirkan bukti dan identitas pelapor. Misalnya dengan melampirkan foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Identitas pelapor akan kami rahasiakan,” jelasnya.

Naning menceritakan, sudah ada yang menelepon dirinya memberikan tanggapan. Hal ini tidak bisa dilayani, karena tidak memiliki kepastian hukum.

Jika memang ingin memberikan masukan, tanggapan atau laporan masyarakat, ikutilah secara prosedur dan aturan berlaku. Datang dan sampaikan ke KPU.

Baca: Mantan Walikota Lubuklinggau tak Masuk Daftar Caleg Sementara, Hendri Zainuddin : Hanura Dirugikan

“Pelapor memang juga akan kita pintai keterangan. Makanya harus datang langsung. Selanjutnya laporan akan kami periksa dan kami konfirmasi dengan terlapor. Jika terbukti benar maka Bakal Calon Anggota DPRD OKU akan di coret dari daftar,” tegas Naning, tanggapan atau laporan masyarakat melalui telepn atau melalui surat kaleng tidak akan dilayani.

“Ya, sudah ada beberapa yang menelepon terkait tanggapan masyarakat ini.,” katanya.

Disinggung apakah pihak KPU OKU sudah menerima tanggapan atau laporan dari masyarakat secara resmi terkait pencalonan Anggota DPRD OKU ini kata Naning sampai saat ini belum ada. Jika ingin memberikan tanggapan masih ada waktu.

Baca: Viral Foto Baliho Anti Riba di Palembang Dipasang di Dekat Bank, Begini Isi Tulisannya

“Kalau sekarang memang belum ada tanggapan atau laporan masyarakat yang masuk ke KPU OKU terkait pendaftaran Calon Anggota DPRD Ini,” tegasnya.

Penulis: Retno Wirawijaya
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved