Asian Games 2018

LRT Palembang Beroperasi 9 Jam, Catat Waktu Layanannya

Untuk saat ini sedang mengerjakan penyelesaian walk way, tes sarana prasarana track 1 dan track 2 sampai bandara

LRT Palembang Beroperasi 9 Jam, Catat Waktu Layanannya
Tribun Sumsel/ Linda Trisnawati
PT Kereta Api sudah menyiapkan loket tiket untuk melayani beroperasinya LRT Palembang untuk umum. LRT nantinya juga jadi penunjang untuk pelaksanaan Asian Games 2018. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Light Rail Transit (LRT) di Sumatera Selatan dalam beberapa hari kedepan akan dioperasionalkan untuk umum. Kemungkinan waktunya tanggal 20 atau 21 Juli 2018. Nantinya moda transportasi ini jadi andalan untuk melayani tamu Asian Games 2018.

Jelang pengoperasionalnya maka berbagai kesiapan dilakukan seperti penyelesaian walk way, tes sarana prasarana dan juga stasiun LRT.

"Untuk saat ini sedang mengerjakan penyelesaian walk way, tes sarana prasarana track 1 dan track 2 sampai bandara," ujar PPK LRT Sumsel, Suranto, Rabu (18/7/2017).

Baca: Kantong Parkir Belum Tersedia Saat LRT Beroperasi, Kendaraan Tidak Boleh Ngetem di Stasiun

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa juga dilakukan simulasi kereta dengan cara dimuati beban maksimal.

Jadi dilakukan juga simulasi evakuasi jika terjadi hal-hal yg tidak diinginkan misalnya kereta mogok di tengah jalur (akibat kereta rusak atau listrik padam).

Simulasi ini juga dilakukan dengan asumsi jika ada penumpang/barang jatuh di track di peron stasiun.

Bahkan dilakukan juga simulasi evakuasi penumpang di stasiun untuk mengantisipasi hal-hal yg tidak diinginkan terjadi di stasiun misal kebakaran, gempa dan lain-lain.

"Untuk oprasional nanti rutenya mulai dari Stasiun DJKA/OPI ke Bandara dan sebaliknya. Untuk jam operasional untuk uji coba dengan penumpang direncankan mulai pukul 08:00 sampai dengan 17:00," ungkapnya.

Sedangkan untuk stasiun LRT yang siap dilalui untuk naik dan turunya penumpang saat pembukaan operasional nanti, mulai dari stasiun Opi, Jakabaring, Ampera, Cinde, Bumi Sriwijaya dan Bandara.

Sementara itu saat Tribun Sumsel melakukan pantauan di Stasiun Jakabaring, terlihat bagian dalam bangunan sudah selesai pengerjaannya. Hanya tinggal diisi peralatan elektroniknya seperti tv, cctv dan lain-lain.

"Untuk bagian dalam sudah selesai, tinggal bengerjaan bagian luar saja yaitu tangga dan tambahan lift," ujar
Manajer Proyek LRT Sumsel Zona 5, Erwin Martoras.

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help