Home »

Video

Video Frame

Air Putih Syekh Muhammad Azhari Sembuhkan Orang Sakit, Cikal Bakal Berdirinya Masjid Syekh Azhari

Menyebut nama Pulau Seribu, ingatan kita pastilah melayang ke kepulauan yang menjadi kawasan objek wisata di Jakarta.

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG -  Menyebut nama Pulau Seribu, ingatan kita pastilah melayang ke kepulauan yang menjadi kawasan objek wisata di Jakarta. Padahal, di Palembang memiliki kawasan dengan nama serupa.

Namun sayangnya, Pulau Seribu yang ada di Palembang berada di Kelurahan Ogan Baru, Kecamatan Kertapati ini, tidak banyak diketahui orang.

Baca: Serangan Bom Ditiga Gereja Surabaya, Kapolda Sumsel Langsung Keluarkan Perintah ini

Menyambangi Pulau Seribu tidak begitu sulit. Masuk dari dermaga pasar induk Jakabaring, masyarakat dengan mudah dapat sampai ke sana menggunakan perahu motor atau ketek.

Tiba di tujuan, bayangan pulau seribu seperti objek wisata yang ada di Jakarta sirna. Bahkan, pulau-pulau seperti yang ada di pulau seribu di Jakarta dan sempat dibayangkan, juga tidak terlihat.

Meski telah dibangun jalan setapak berupa cor beton yang menghubungkan daerah tersebut ke kawasan Sungki Kertapati, hingga kini masyarakat di Pulau Seribu masih begitu dekat dengan perahu dan ketek. Untuk mencapai pusat kota Palembang, mereka masih menggunakan transportasi air.

Baca: Inikah Tanda Nikita Mirzani Tak Direstui? Ibunda Dipo Latief Ulang Tahun, Nikita Mirzani Kemana?

Saat menyambangi Masjid Syekh Azhari di Pulau Seribu, saya tidak sendirian. Saya ditemani oleh H. Munir dan H. Mulia Antoni, dua orang yang sangat berjasa bagi pelestarian masjid yang menjadi saksi bisu perjuangan penyebaran agama Islam di Sumsel.

Menurut H. Munir selaku ketua pengurus, Masjid Syekh Azhari didirikan pada tahun 1870-an oleh Syekh Muhammad Azhari yang sejak usia muda berdakwah ke berbagai daerah di penjuru Sumsel.

Lahan tempat masjid berdiri pun merupakan wakaf atau pemberian dari seseorang yang merasa menemukan hidayah berkat dakwah Syekh Azhari.

Baca: Fakta Baru Ledakan Bom di Gereja Surabaya,Mulai Dari Lokasi Kejadian Hingga Suasana Pasca Ledakan

Seperti halnya masjid berusia puluhan dasawarsa lainnya, Masjid Syekh Azhari memiliki ciri khas pada interior maupun eksterior bangunan.

Jika masuk ke dalam masjid, tampak puluhan tiang-tiang menyangga atap masjid. Pemandangan seperti ini tentunya jarang ditemukan pada masjid yang dibangun zaman sekarang.

Baca: Sempat Berantem Rebutan Young Lex,Kathy Indera dan Whitney Terciduk Jalan Bareng,Cuma Gimmick?

Halaman
123
Penulis: Agung Dwipayana
Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help