Penerimaan Siswa Baru SD tidak Dipungut Biaya, ini Syarat yang Harus Dipenuhi

Sesuai dengan arahan pemerintah umur 6 tahun anak sudah bisa didaftarkan masuk ke sekolah dasar

Penerimaan Siswa Baru SD tidak Dipungut Biaya, ini Syarat yang Harus Dipenuhi
TRIBUNSUMSEL.COM
Ilustrasi siswa masuk sekolah SD di Palembang 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG -- Proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SD akan dibuka pada awal bulan Juli mendatang. Namun banyak orang tua khawatir karena saat ini banyak beredar kabar penerimaan siswa baru untuk SD mematok usia 7 tahun.

Hal tersebut pun dibantah langsung oleh Kabid SD Disdik Kota Palembang, Bahrin menegaskan bagi anak yang telah berusia minimal 6 tahun sudah bisa diterima masuk SD. Sesuai dengan arahan pemerintah umur 6 tahun anak sudah bisa didaftarkan masuk ke sekolah dasar," ujarnya kepada Tribun, Minggu (15/4).

Apabila sudah 7 tahun, lanjut dia anak tersebut wajib dimasukkan ke Sekolah Dasar. Mengenai persyaratan PPDB lainnya. Bahrin mengatakan tahun ini juga menggunakan sistem zonasi seperti PPDB untuk masuk SMP. "Jadi siswa mendaftar sesuai dengan lokasi terdekat dari alamat rumah," ujarnya.

Bahrin menjelaskan pihaknya dalam waktu dekat ini akan memasangan spanduk PPDB SD ini di setiap sekolah dan kecamatan dengan sistem zonasi agar masyarakat lebih paham. "Kita juga sudah melakukan sosialisasi dan spanduk akan kita pasang pada minggu-minggu ini," tegas Bahrin.

Ia menjelaskan sistem zonasi ini memudahkan bagi siswa dan orang tua untuk dapat sekolah yang lebih dekat dan agar pemerataan pendidikan bisa terlaksana. "Jadi nanti setiap TK tempat si anak belajar akan memiliki satu rayon masing-masing. Dan guru TK akan menyarankan ke sekolah yang dirayon tersebut. Tapi ini bukan harga mati, bisa juga siswa ke sekolah lain asalkan itu letaknya dekat," bebernya.

Ia melarang keras jika ada oknum sekolah yang menjualbelikan kursi apabila umur sang anak tak mencukupi. "Kita akan tindak tegas. Tak ada bayaran sepeserpun untuk masuk SD ini. Apalagi kalau sampai kurang umur misalnya," bebernya.

Bahrin menegaskan sekolah harus mengutamakan siswa yang masuk umur minimal 6 tahun. Jika kuota kelas belum terpenuhi maka boleh menerima di bawah umur 6 tahun. "Misalnya ada siswa umur 5 tahun 8 bulan dan di SD tersebut masih kekurangan siswa maka boleh dimasukkan untuk memenuhi kuota," ungkap dia.

Bahrin mengaku akan memberi tindakan tegas jika ada pihak sekolah maupun kepala sekolah yang bermain dalam penerimaan peserta didik baru. "Jika ada pungli laporkan ke kita. Semua PPDB ini gratis tak ada punggutan apapun," tegasnya.(rie)

BERLAKUKAN SISTEM ZONASI
* Syarat masuk sekolah dasar menggunakan sistem zonasi
* Wajib sekolah usia anak 6-7 tahun
* Prioritas anak yang rumahnya terdekat dengan sekolah
* Isi formulir pendaftaran, sertakan KTP ayah ibu dan Kartu Keluarga
* Sertakan akte kelahiran, map, fotokopi ijazah TK/PAUD

Penulis: Sri Hidayatun
Editor: Lisma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help