Berita Palembang

Pelabuhan Boom Baru Tak Bisa Dikembangkan, Targetkan Pembangunan Pelabuhan Baru di Tanjung Carat

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II pesimis jika pelabuhan Boom Baru yang berada di perairan sungai musi dapat dikembangkan lagi.

Pelabuhan Boom Baru Tak Bisa Dikembangkan, Targetkan Pembangunan Pelabuhan Baru di Tanjung Carat
TRIBUNSUMSEL.COM/M A FAJRI
BERSANDAR - Seorang ABK sedang mengecek kapal ketika bersandar di tepi sungai Musi Kawasan Boom Baru Palembang, Rabu (15/11/2017). Tepi sungai musi kawasan 3 Ilir menjadi tempat bersandar kapal nelayan sehabis mencari ikan (TRIBUNSUMSEL/M.A.FAJRI) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Berada ditengah kawasan perkotaan.

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II pesimis jika pelabuhan Boom Baru yang berada di perairan sungai musi dapat dikembangkan lagi.

Bahkan, dengan kedalaman hanya sekitar 6 meter (M), pelabuhan Boom Baru ‎tidak akan bisa menampung kapal dengan kapasitas yang lebih besar.

Padahal menurut General Manager PT Pelindo II Cabang Palembang, Agus Edi Santoso‎, jika pelabuhan tidak terus dikembangkan, otomatis akan mengganggu perkonomian masyarakat di kota Palembang bahkan Sumatera Selatan (Sumsel).

Agus mengatakan, kalau pelabuhan di kota Palembang ini tidak efisien, maka kebutuhan-kebutuhan pokok masyarakat akan menjadi mahal.

"Dijabatan baru ini, fokus saya ada dua, yakni pengoptimalan kawasan Boom Baru dan Sungai Lais, serta jangka panjang pembangunan Tanjung Carat ini, karena bagaimanapun di Tanjung Carat ini tidak bisa diperbesar lagi," ujar Agus usai melakukan acara pisah sambut di Hotel Novotel.

Agus Edi Santoso menjabat sebagai GM Pelindo II Cabang Palembang, menggantikan GM sebelumnya Agus Hendrianto.

Agus menyebutkan, dengan kedalaman sampai -21 M. Pelabuhan Tanjung Carat nantinya akan dapat dilalui kapal-kapal besar, sehingga dapat mengirim barang ekspor lebih banyak lagi.‎

"Kita sudah ngobrol dengan perusahaan CPO dan karet ya, mereka memang perlu kapal yang lebih besar lagi, sehingga biaya kapal perunit semakin murah," jelasnya.

Meski telah memiliki gambaran dan prospek yang cerah dalam pembangunan pelabuhan baru ini.

Halaman
12
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved