TribunSumsel/

Ngeri! 240 Ribu Masyarakat Terkena Kanker Setiap Tahun Ternyata Ini Penyebabnya

Bahkan, menurut data yang diperoleh dari Yayasan Kanker Indonesia (YKI), tiap tahun diperkirakan terdapat

Ngeri! 240 Ribu Masyarakat Terkena Kanker Setiap Tahun Ternyata Ini Penyebabnya
brightside.me
tanda2 kanker 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Slamet Teguh Rahayu

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan.

Bahkan, menurut data yang diperoleh dari Yayasan Kanker Indonesia (YKI), tiap tahun diperkirakan terdapat 100 kasus baru per 100 ribu penduduk. Ini berarti, dari sekitar 240 juta penduduk Indonesia ada 240 ribu pengidap kanker baru setiap tahunnya.

"Di negara berkembang, penderita kanker terus meningkat, hal ini dipengaruhi oleh gaya hidup," ujar Ketua Umum YKI, Prof. Aru Sudoyo saat dibincangi dalam seminar perawatan pasien paliatif kanker di rumah yang diadakan di RSMH, Senin (13/11/2017).

Menurut Aru, saat ini usia lanjut di Indonesia terus meningkat dan semakin besar.

Pada usia tersebut, masyarakat memiliki kesejahteraan ekonomi yang cukup baik, sehingga banyak usia lanjut yang makan secara berlebihan dan kurang diimbangi dengan olahraga yang teratur.

"Jadi bisa dikatakan peningkatan kesejahteraan, makan berlebihan bisa menyebabkan kanker. Tapi itu balik lagi, ujung-ujungnya memang pola hidup," terangnya.

Tapi tak hanya "orang kaya" saja yang berpotensi terkena penyakit kanker. Orang menengah kabawahpun bisa terkena kanker. Namun penyebabnya, bukan karena makan berlebihan, tetapi karena banyak memakan-makanan yang tidak semestinya di makan.

"Memakan makanan yang mengadung zat pewarna pakaian, makanan mengandung formalin, itukan menyebabkan kanker. Jadi kanker ini bukan hanya orang kaya saja, orang bawahpun bisa kena, hal ini karena pola makannya sama-sama tidak benar," katanya.

Penulis: Slamet Teguh Rahayu
Editor: Melisa Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help