Berita Palembang

Hasil Seleksi PPS Pemilu 2024 di Palembang Diwarnai Protes, Ini Tanggapan KPU Sumsel

Hasil pengumuman dianggap tidak transparan dan tebang pilih untuk peserta yang sudah berpengalaman kerja di KPU/Pemilu.

Penulis: Arief Basuki Rohekan | Editor: Abu Hurairah
IG @KPUPalembang
Pengumuman Hasil Seleksi PPS Pemilu 2024 di Palembang Diwarnai Protes, Ini Tanggapan KPU Sumsel 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG -- Kolom Komentar Instagram resmi IG Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palembang diwarnai protes warganet tentang pengumuman Hasil seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu tahun 2024 Minggu (22/1/2023).

Pasalnya, hasil pengumuman dianggap tidak transparan dan tebang pilih untuk peserta yang sudah berpengalaman kerja di KPU/Pemilu.

"Kecewa saja, padalah syarat pendaftaran pertama tidak ada syarat yang sudah berpengalaman di bidang kepemiluan dan kalau memang ada untuk apa untuk ikut tes CAT dan Wawancara lagi min," Tulis akun Instagram @maharani1604 di kolom komentar IG @kpupalembang.

Lebih lanjut, pemilik akun merasa dirugikan dan dalam penilaian wawancara tidak ada pertanyaan terkait kepemiluan, apalagi nilai wawancara tidak diperlihatkan.

"Bukan tidak sedikit keluar modal. Lagi pula kertas pertanyaan wawancara ada 3 penilaian tidak ada satupun ditanya sama aku. Padahal aku sudah belajar. ditanya cuma umur, sudah menikah dan ada pengalaman bidang pemilu? bagaimana bisa kasih nilai kalau cuma itu pertanyaannya," Tulisnya.

Baca juga: Link Pengumuman Hasil Seleksi Tes Wawancara PPS OKU Timur, Jadwal Pelantikan

Hal senada juga dirasakan oleh pemilik akun Instagram @regen_noval menyarankan untuk seleksi berikutnya dibuat peraturan bagi yang sudah berpengalam dibidang kepemiluan.

"Untuk Panitia, komisioner test cat/wawancara. Lain kali di pendaftaran dibuat, untuk yang sudah berpengalaman di pemilu /kpu.

Jadi saat wawancara tidak kaget, ngeliat tidak ada pengalaman kerja di kpu/pemilu. Walau saya dari perhotelan, saya peringkat 1 CAT. Hasilnya saya jadi pengganti," Tulis akun Instagram @regen_noval di laman Instagram @kpupalembang,

Baca juga: Link Pengumuman Hasil Seleksi Tes Wawancara PPS Ogan Komering Ilir- OKI, Jadwal Pelantikan

Selain itu, peserta perempuan juga mengeluhkan dirinya tidak terpilih anggota PPS, dinilai tidak menerapkan komposisi keanggotaan PPS keterwakilan perempuan paling sedikit 30 Persen berdasarkan PKPU No 8 2022.

"Saya tidak terpilih, padalah saya satu-satunya wakil wanita Calon Anggota PPS di kelurahan Bukit Baru. Malah laki-laki semua yang diterpilih. Padahal saat wawancara cuma sebentar, yang ditanya hanya seputar kehidupan pribadi, tidak ada tanya-tanya detail terkait kepemiluan," Kata Dwi saat diwawancarai Tribun Sumsel, Senin (23/1/2023).

Ketua KPU Provinsi Sumsel, Amrah Muslimin mengatakan proses seleksi PPS Pemilu 2024 Kota Palembang sudah mengikuti prosedur.

"KPU Provinsi tentu melihat itu sebagai bentuk kritik dari masyarakat kepada proses penyelenggaraan seleksi PPS Pemilu 2024 Kota Palembang," Ujar Amrah saat dihubungi wartawan Tribunsumsel Senin (23/1/2022)

"Namun, perlu juga kita pahami bahwa proses seleksi PPS yang dilaksanakan oleh KPU Kota Palembang sudah melalui proses yang memang diatur dalam aturan yang telah ditetapkan oleh KPU RI. Apalagi kalau sudah pada proses wawancara." Sambungnya

Menurutnya, dalam proses wawancara KPU lebih memprioritaskan peserta yang memiliki pengalaman dalam penyelenggara pemilu.

"Memang salah satu yang diprioritaskan adalah pengalaman calon itu sebagai penyelenggara pemilu. Apabila memang ditemukan tandanya peserta yang punya pengalaman tentu, KPU Kota Palembang tentu paling tidak diprioritaskan untuk dipilih," Jelasnya

Ia menambahkan, adapun ada laporan catatan-catatan yang tidak baik yang pernah dilakukan selama dalam proses melaksanakan sebagai penyelenggara pemilu tentu menjadi catatan negatif.

"Jadi ya, semuanya saya kira sudah dilakukan KPU Kota Palembang dan tentu kritik yang dilakukan masyarakat akan menjadi bahan evaluasi bagi KPU Provinsi Sumatera Selatan yang akan kita dilakukan terhadap KPU Kota Palembang dan KPU Kab/Kota Sumatera Selatan," Ungkapnya.

Baca Berita Lainnya di Grup Whatsapp Tribunsumsel

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved