Berita OKI

Cara Cek Account BPKH, Bisa Lihat Pengelolaan Dana Setor Jamaah Haji Lewat Aplikasi Link ini

Kemenag wilayah OKI membagikan cara cek account BPKH (Badan Pengelola Keuangan Haji).

Tribunnews
Berikut cara cek BPKH (Badan Pengelola Keuangan Haji) lewat website va.bpkh.go.id. 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG -- Kemenag wilayah OKI (Ogan Komering Ilir) Sumsel membagikan cara cek account BPKH (Badan Pengelola Keuangan Haji).

Melalui Website va.bpkh.go.id, Calon Jemaah Haji (CJH) bisa melihat dan mengetahui pengelolaan dana yang mereka setorkan termasuk juga manfaat yang mereka terima.

Adanya kemudahan ini guna mendukung proses pengelolaan keuangan haji yang udah semestinya dilakukan dengan transparan.

Bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan umumnya Provinsi Sumatera (Sumsel) yang hendak melihat saldo dan mutasi atas dana haji masing-masing jemaah baik pokok maupun imbal dapat melalui virtual account.

"Melansir dari laman BPKH, virtual account adalah rekening bayangan jemaah tunggu yang digunakan untuk menampung nilai manfaat dan haji. Nomor virtual account diterbitkan dan dikelola oleh BPKH serta diberikan ketika jemaah haji menyetorkan setoran awal biaya haji pada Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH)," ujar Kasi Penyelengaraan Haji dan Umrah kantor Kemenag OKI, Drs H Mutawalli pada Minggu (22/1/2022).

Baca juga: 22 Quotes Menyambut Bulan Rajab 1444 H 2023, Islami dan Menyentuh Hati, untuk Dibagikan di Medsos

Menurutnya, saldo yang ada di virtual account tersebut dapat digunakan sebagai pengurang nilai pelunasan pada saat jemaah melakukan pelunasan.

"Layanan ini dibuat sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas. Pasalnya, BPKH sebagai instansi pemerintah bertanggung jawab dalam mengelola keuangan haji," papar Mutawalli.

Dirinya juga merincikan para jemaah dapat mengakses website va.bpkh.go.id di google atau laman pencarian.

"Setelah itu para jemaah bisa memasukkan nomor virtual account/nomor porsi, lalu masukkan tanggal lahir, isi kode captha dan klik proses," jelasnya.

Selain itu, para jemaah juga bisa menginstal aplikasi NMVA atau BPKH VA di play store.

Baca juga: Lirik Allahumma Baarik Lana Fi Rajab Wa Sya’ban Wa Ballighna Ramadhana Lengkap Tejemahan

"Melalui aplikasi tersebut tahapan awalnya melakukan register atau daftar menggunakan nomor HP (HP bisa WA) jika belum memiliki akun, lalu pilih menu nilai manfaat ke menu NMVA. Kemudian isi tanggal lahir, lengkapi data nomor porsi/nomer validasi/nomer VA dan klik cari," sebutnya, itulah beberapa cara untuk cek virtual account BPKH.

Menurutnya pemerintah sudah sejak lama melakukan transparansi terkait dana setoran awal jemaah haji dan masyarakat harus mengetahui.

"Dengan demikian, calon jemaah haji tidak perlu lagi merasa khawatir akan dana yang mereka setorkan," tukasnya.

Baca artikel menarik lainnya di Google News

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved