Berita Pusri

PT Pusri dan Lanal Palembang Panen Sorgum di Kebun Percobaan Pusri

PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) melaksanakan Panen Raya Sorgum di Kebun Percobaan Pusri

Editor: Slamet Teguh
Dokumentasi Pusri
PT Pusri dan Lanal Palembang Panen Sorgum di Kebun Percobaan Pusri 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG – Bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut (AL).

PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) melaksanakan Panen Raya Sorgum di Kebun Percobaan Pusri, Lorong Abadi Palembang (12/01).

Sebelumnya TNI AL Penanaman Sorgum bersama Kementerian Pertanian melaksanakan penanaman sorgum secara serentak di 77 titik lahan milik TNI AL di Indonesia salah satu nya di Kabupaten Banyuasin.

Hal ini dilakukan dengan tujuan sebagai bentuk kampanye bahan makanan alternatif selain padi.

Tema pada kegiatan ini yaitu Melalui Gerakan Nasional Penanaman Sorgum Tahun 2022 TNI AL Bersama Rakyat Siap Mendukung Kejayaan Maritim untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat.

Panen ini dihadiri oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Palembang, Kolonel Laut (Pelaut) Widyo Sasongko, Palaksa Lanal Palembang, Mayor Laut (Pelaut) Yusan Taufik, Paspotmar Lanal Palembang, Mayor Laut (Kesehatan), Dewi Tresnawati, Direktur Operasi & Produksi Pusri, Filius Yuliandi, jajaran SVP Pusri yang berkesempatan hadir dan perwira staf Lanal Palembang.

Tanaman Sorgum juga disebut sebagai tanaman yang tahan terhadap kondisi ekstrem dan mampu hidup dalam kondisi sedikit air. Tanaman Sorgum juga merupakan tanaman sehat, rendah gula dan tidak banyak mengandung kolesterol.

Disampaikan Filius Yuliandi bahwa Pusri sangat menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh TNI AL ini.

“Kegiatan ini sangat baik karena sejalan dengan salah satu misi kami yaitu untuk mendorong pencapaian kemandirian pangan dan kemakmuran negeri”, terang Filius.

Baca juga: Pusri Beberkan Stok Pupuk Awal 2023

Baca juga: Tutup Tahun 2022, Pusri Lakukan Pengantongan, Pengapalan dan Trucking

Melalui Departemen Riset Pusri, pada tanggal 19 September 2022, telah dilakukan penanaman tanaman sorgum di Kebun Percobaan Pusri dan Taman Kenten.

“Keberhasilan dalam budidaya Sorgum yang telah kami lakukan sampai dengan saat ini karena produk unggulan inovasi yang digunakan pada penanaman sorgum yaitu pupuk urea, NPK Pusri, pupuk hayati bioripah dan pupuk mikro nutremag yang diaplikasikan secara berimbang”, jelas Filius.

Komandan Pangkalan TNI AL, Kolonel Laut (Pelaut) Widyo Sasongko mengucapkan terimakasih atas support Pusri terhadap tercapainya program penanaman sorgum.

“Kami sangat mengapresiasi atas keberhasilan Pusri dalam budidaya tanaman sorgum. Karena dengan bibit yang sama, hasil panen oleh tim riset Pusri lebih meningkat jika dibandingkan dengan yang kami tanam sendiri”, terang Widyo.

Widyo menambahkan kedepannya diharapkan Pusri bekerjasama dengan TNI AL dapat mengembangkan tanaman lainnya, guna bersama mendukung ketahanan pangan nasional. (RIL)

 

Baca berita Tribunsumsel.com lainnya di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved