Berita Pelindo

Pemenuhan Standar Pengelolaan Lingkungan oleh Pelindo Regional 2 Palembang

Dari hasil evaluasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Pelindo Regional 2 Palembang sementara dalam peringkat merah.

Editor: Sri Hidayatun
Dokumentasi Pelindo
Pelindo Regional 2 Palembang ikuti program penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup “PROPER". 

TRIBUNSUMSEL.COM,PALEMBANG- PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Palembang merupakan Badan Usaha Milik Negara yang mengikuti program penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup “PROPER” yang dimulai pada periode 2020 - 2021 sesuaidengan Surat nomor SK.30/PPKL/SET/WAS.3/4/2021.

Dalam pelaksanaan peningkatan PROPER lingkungan tersebut Pelindo Regional 2 Palembang mengacu pada peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 1 Tahun 2021 tentang program penilaian peringkat kinerja pelarusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Dalam rangka pemenuhan standar PROPER, Pelindo Regional 2 Palembang telah memiliki program antara lain yakni pengoperasian fasilitas limbah bahan berbahaya dan beracun berupa bangunan reception facility, pembangunan bangunan instalasi pengolahan air limbah (IPAL), pelaksanan pendampingan PROPER lingkungan oleh perusahaan berskala internasional, pengelolaan limbah B3 dan Non B3 (Domestik),melaksanakan pemantauan lingkungan secara berkala sesuai dengan RKL/RPL, sertifikasi ISO 14001:2015 terkait Manajemen Lingkungan, yang mana seluruh bagian ini telah di inisiasi sejak awaltahun 2021.

Adapun tahapan pelaksanaan PROPER dimulai dari persiapan, pengawasan, penilaian dan tindak lanjut kemudian hasil penilaian dievaluasi melalui pemeringkatan yaitu dimulai dari peringkat Hitam, Merah, Biru, Hijau dan Emas.

Dari hasil evaluasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Pelindo Regional 2 Palembang sementara dalam peringkat merah.

Baca juga: Sambut Tahun Baru, Pelindo Gelar Last Call Ship 2022 dan First Call Ship 2023

Baca juga: Pelindo Palembang Dapat Sertifikasi dari BNPT RI, Penuhi Standar Keamanan

Adapun aspek penilaian peringkat PROPER lingkungan sebanyak 5 aspek yaitu, pengendalian pencemaran udara, pengendalian pencemaran air, pengelolaan limbah bahan Bberbahaya & beracun (Limbah B3), pengelolaan bahan berbahaya (B3)/dangerous good, dan pengelolaan sampah.

Dari hasil evaluasi Pelindo Regional 2 Palembang telah menindaklanjuti 3 dari 5 aspek penilaian PROPER untuk menuju peringkat biru yang ditargetkan pertengahan tahun 2023 (semester 1) antara lain pengendalian pencemaran udara dan pengelolaan limbah bahan berbahaya & beracun (Limbah B3).

Lalu pengelolaan bahan berbahaya (B3)/dangerous good, sedangkan yang masih dalam progress perbaikan adalah pengendalian pencemaran air dan pengelolaan sampah domestik.

Menindak lanjuti hasil evaluasi PROPER lingkungan tersebut diatas Pelindo Regional 2 Palembang telah melakukan pencapaian terhadap program kerja di bidang lingkunganya itu.

Lalu, pengelolaan limbah B3 yang dikerjasamakan dengan pihak ketiga untuk proses pengangkutan dan pengelolaan/pemanfaatan, proses perizinan teknis (Pertek).

SLO dan proses pengadaan pembangunan fasilitas IPAL, proses koordinasi untuk pendampingan PROPER, perbaikan tempat penampungan sampah (TPS) domestic, pengadaan kotak sampahterpilah 5 warna, melakukan koordinasi dan melaksanakan MoU dengan Bank Sampah induk Kota Palembang terkait pengangkutan, pemilahan serta pengurangan sampah domestik, pelaksanaan pemantauan lingkungan periode tahun 2021, serta melakukan gap analisis untuk pelaksanaan sertifikasi ISO 14001:2015 tentang manajemen lingkungan.

Baca berita lainnya langsung dari google news

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved