Berita Palembang

Pemilu 2024, Pengamat Politik ForDes Sebut Prabowo Punya Kans Besar Menang Pilpres, Ini Alasannya

Pengamat Politik dari ForDes Bagindo Togar mengatakan Prabowo Subianto punya kans besar menang Pilpres 2024 dan mengungkap alasannya.

TRIBUN SUMSEL/ARIEF BASUKI ROHEKAN
Pengamat Politik dari ForDes Bagindo Togar mengatakan Prabowo Subianto punya kans besar menang Pilpres 2024 dan mengungkap alasannya, Senin (19/12/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pengamat Politik dari Forum Demokrasi Sriwijaya (ForDes) Bagindo Togar mengatakan Prabowo Subianto punya kans besar menang Pilpres 2024 dan mengungkap sejumlah alasannya. 

Pemilu 2024 tinggal 14 bulan lagi, sejumlah partai politik memenuhi syarat jadi peserta pemilu, mulai memanaskan mesin partainya untuk meraih hasil maksimal.

Bagaimana dengan Pemilu Presiden sendiri, beberapa nama akan meramaikan pertarungan memperebutkan kursi orang nomor satu di Republik ini.

Mulai dari Menteri Pertahanan sekaligus ketua umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Kemudian mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

Prabowo Subianto sendiri saat ini menjadi kandidat yang mempunyai kans besar untuk menang, jika melihat hasil survei yang ada, meskipun kandidat lain memiliki peluang yang sama.

Pengamat Politik dari Forum Demokrasi Sriwijaya (ForDes) Bagindo Togar mengatakan, jika membaca peluang Prabowo Subianto pada pemilu 2024 dapat kita lihat dari berbagai segi.

Baca juga: 28 Kilometer Jalan di Muratara Rusak, Warga Tuding Akibat Angkutan Tambang Batubara

Pertama dari segi karakter pribadi, kesediaan Prabowo untuk ikut dalam kabinet Presiden Jokowi, walau awalnya banyak dikecam, ternyata memberi banyak keuntungan pada citra personalnya.

"Terhadap kecaman yang menyayangkan ia masuk dalam kabinet Jokowi, Prabowo hanya di awal memberi penjelasan dan alasannya masuk kabinet selebihnya ia mengelak untuk berpolemik, dan lebih fokus pada kerja dan kinerjanya sebagai Menteri Pertahanan dan pembantu Presiden," kata Bagindo Togar.

Sehingga dari sisi karakter personalnya menurut Bagindo, kritik dan bahkan kecaman terhadap sikap Prabowo sebagai pribadi, tidaklah akan menggoyang elektabilitasnya. Bahkan yang terlihat elektabilitasnya relatif stabil, pada posisi puncak dan cenderung terus membaik.

"Pilihan Prabowo selama 5 tahun ini untuk fokus pada kerja, dan kinerjanya sebagai Menteri Pertahanan juga menunjukkan kapasitas dan kompetensinya sebagai seorang profesional. Ia memperlihatkan bahwa Prabowo mampu untuk bekerja dan mengemban tugas-tugas yang lebih strategis untuk kepentingan bangsa ini," ucapnya.

Selain karakter personal dan kapasitas serta kompetensinya, faktor partai Gerindra juga diakui Bagindo tidak dapat diabaikan. Gerindra yang didirikan oleh Prabowo dan kawan, serta secara signifikan menjadi besar pengaruhnya dalam peta politik nasional, di satu sisi juga berfungsi menjadi mesin politik yang efektif.

"Tidak hanya untuk kepentingan Prabowo tetapi juga untuk kepentingan partai secara keseluruhan. Gerindra sukses membesarkan partainya dan membangun kader-kader yang potensial di banyak daerah," paparnya.

Ditambahkan Bagindo, di Sumatera Selatan (Sumsel) aendiri misalnya, terdapat kader yang tak diragukan lagi seperti Kartika Sandra Desi (Ketua DPD Gerindra Sumsel), Eddi Santana Putra, dan M Akbar Alfaro, Marjito di OKU & Suwarti di Mura, sebagai tokoh dan putra terbaik Sumatera Selatan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved