Berita Palembang

KPU Tetapkan 17 Parpol Calon Peserta Pemilu 2024, Parpol Non Parlemen di Sumsel Buka Suara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akhirnya menetapkan 17 parpol memenuhi syarat sebagai peserta pemilu 2024. Berikut Daftar Parpol peserta pemilu 2024

KPU
Ilustrasi KPU. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akhirnya memutuskan 17 parpol memenuhi syarat sebagai peserta pemilu 2024 

TRIBUNSUMSEL. COM, PALEMBANG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akhirnya menetapkan 17 parpol memenuhi syarat sebagai peserta pemilu 2024.

Sebanyak 17 parpol yang lolos sebagai peserta Pemilu 2024 setelah melewati sejumlah tahapan mulai dari tahapan pendaftaran, verifikasi administrasi hingga verifikasi faktual. 

Dari 17 Parpolnya itu, 9 merupakan Parpol yang memiliki kursi di DPR RI saat ini, dan 8 merupakan Partai non Parlemen ataupun baru. 

Sejumlah petinggi partai non Parlemen atau baru di provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sendiri mengaku sudah optimis dari awal akan lolos jadi peserta pemilu.

Seperti yang diungkapkan Ketua DPD Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Ahmad Al Azhar, jika partainya sudah berbenah setelah mengalami kegagalan pada pemilu 2019 lalu, yang tidak lolos ambang batas parlemen. 

"Kami dari awal sudah siap dengan melakukan pembenahan infrastruktur Partai se Indonesia, termasuk di Sumsel. Sehingga kami yakin dari awal jadi peserta pemilu, " kata Ahmad Al Azhar, Rabu (14/12/2022). 

Dijelaskan pria yang berprofesi sebagai pengacara ini, pihaknya sekarang akan "gaspol" dalam menyiapkan strategi pemenang Pemilu 2024 mendatang. 

Dimana targetnya, Hanura kembali ke senayan (DPR RI), dan sejumlah kursi di DPRD yang hilang di Pemilu 2019, dapat direbut kembali pada 2024.

"Target kami jelas, kami akan merebut kembali kursi kami yang hilang sebelumnya, seperti di DPR dari Dapil Sumsel, DPRD Sumsel, maupun DPRD Kabupaten kota se Sumsel, sesuai dengan slogan kami From Zero To Hero, " tegasnya, seraya nomor urut parpol nantinya tak masalah bagi Partai Hanura. 

Hal senada diungkapkan pengurus DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Sumsel, yang mengucapkan syukur atas lolos partainya tersebut sejak awal, beda dengan dua periode terakhir pemilu sebelumnya yang harus melalui gugatan ke Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) RI, agar jadi peserta pemilu. 

"Dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas Rahmatnya kepada kami Partai Bulan Bintang (PBB)yang berdasarkan surat keputusan dari KPU RI sebagai salah satu dari beberapa partai, yang diumumkan sebagai partai peserta pemilu, " ungakap Sekretaris DPW PBB Sumsel Chandra Darmawan. I

Ditambahkan Chandra, setelah dinyatakan jadi peserta pemilu maka pihaknya saat ini fokus untuk menyiapkan strategi pemenangan pemilu 2024 mendatang. 

"InsyaAllah setelah lolos sebagai salah satu partai peserta pemilu 2024, seluruh kader PBB akan lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi pemilu 2024.
Langkah selanjutnya, kami menunggu instruksi dari dewan pimpinan pusat yang  akan kemungkinan, melaksanakan Rakornas pada bulan Januari 2023 dalam  menyusun strategi menuju pemilu 2024," tandasnya.

Disinggung soal nomor urut nanti, mantan anggota DPRD Palembang ini tak mempermasalahkannya, dan pihaknya optimis pada Pemilu 2024 akan bangkit. 

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved