Arti Kata Bahasa Arab

Arti Hijrah Adalah, Kosa Kata Populer Bahasa Arab, Sejarah Hijrah Nabi dan Maknanya di Masa Sekarang

Hijrah di masa sekarang lebih kepada perubahan akhlak, perilaku dan keimanan dan hijrah perbuatan. Hijrah artinya berubah berubah memperbaiki diri

Penulis: Lisma Noviani | Editor: Lisma Noviani
tribunsumsel grafis/khoiril
Arti Hijrah Adalah, Kosa Kata Populer Bahasa Arab, Sejarah Hijrah Nabi dan Maknanya di Masa Sekarang. 

TRIBUNSUMSEL.COM -- Arti Hijrah Adalah, Kosa Kata Populer Bahasa Arab, Sejarah Hijrah Nabi dan Maknanya di Masa Sekarang.


Ayo berhijrah. Itu yang sering kita dengar dari seorang ustadz atau dai ketika menyampaikan ceramah atau tausiah. Apa sebenarnya arti hijrah? Yuk kita cari tahu sama-sama.

Secara bahasa kata hijrah (هِجْرَةٌ) berasal dari akar kata hajara (هَجَرَ) yang berarti berpindah (tempat, keadaan, atau sifat), atau memutuskan.

Dikutip dari tulisan Prof. Dr. H Mardan M.Ag, guru besar UIN Alaudin, dalam pengertian syari, hijrah berarti, "perpindahan Rasulullah SAW bersama sahabat-sahabatnya dari Mekkah menuju Madinah, kira-kira tahun ke-13 dari masa kenabiannya".

Sejarah Hijrah
Kata populer hijrah pertama kali menjadi patokan penetapan tahun islam, tahun hijriah 1 Muharram, oleh sahabat nabi Umar bin Khatab.

Nabi Muhammad s.a.w hijrah dari kota Mekkah ke Madinah, karena pada saat hijrah itulah telah nyata perubahan-perubahan dan perbaikan-perbaikan di kalangan masyarakat Arab khususnya para sahabat yang turut berhijrah.

Para sahabat semua setuju, maka ditetapkanlah Tahun Islam diawali dengan hijrah Nabi sehingga kemudian dinamakan dengan tahun Hijriyah atau tahun perubahan.

Sahabat Umar bin Khattab r.a memang sangat bijaksana, dia tidak mengartikan hijrah hanya sekedar pindah tempat.

Umar bin Khattab adalah orang Arab, dia tahu apa arti hijrah sebenarnya, hijrah adalah berubah, hijrah adalah berubah dari satu kondisi ke kondisi yang lain, dan hijrah di jalan Allah adalah berubah dari kondisi buruk menuju yang lebih baik, berubah dari kebiasaan berbuat buruk menuju kebiasaan berbuat baik.

Hijrah di Masa Sekarang

Hijrah di masa sekarang lebih kepada perubahan akhlak, perilaku dan keimanan dan hijrah perbuatan.

Hijrah artinya berubah perbuatan, berubah memperbaiki diri.

Quran Surat Q.S Ar-Ra’d(13) ayat 11

terjemahannya.

”Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri”.

Hijrah kita adalah taubat, yaitu tidak mengulangi perbuatan buruk kita dan melakukan perbaikan (ishlah), Q.S Al-Baqarah(2):160


”Kecuali mereka yang telah tobat dan mengadakan perbaikan dan menerangkan (kebenaran), maka terhadap mereka itulah Aku menerima tobatnya dan Akulah Yang Maha Menerima Tobat lagi Maha Penyayang”.

 

Itulah arti Hijrah Adalah, Kosa Kata Populer Bahasa Arab, Sejarah Hijrah Nabi dan Maknanya di Masa Sekarang.

Baca juga: Pengertian Rukun Islam, Jumlahnya Ada Lima, Urutan yang Benar, Makna dan Penjelasannya

Baca juga: Pengertian Rukun Iman Adalah, Jumlahnya Ada Enam, Urutan yang Benar, Penjelasan dan Maknanya

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved