Berita Musi Rawas

431 Orang Jalani Tes CAT PPK Kecamatan Pemilu 2024 Musi Rawas, Ini Tahapan Selanjutnya

431 Calon PPK Kecamatan Pemilu 2024  Kabupaten Musi Rawas (Mura) Provinsi Sumsel,mengikuti tes tertulis dengan sistem CAT, Selasa (06/12/2022).

SRIPOKU/EKO
Para peserta calon anggota PPK Kabupaten Musi Rawas (Mura) Provinsi Sumsel, yang mengikuti tes tertulis dengan sistem CAT di SMA Negeri 1 Musi Rawas. 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUSI RAWAS- Sebanyak 431 Calon PPK Kecamatan Pemilu 2024  Kabupaten Musi Rawas (Mura) Provinsi Sumsel,mengikuti tes tertulis dengan sistem CAT, Selasa (06/12/2022).

Pelaksanaan tes CAT PPK Kecamatan di Musi Rawas dipusatkan di SMA Negeri 1 Muara Beliti tersebut akan dilaksanakan selama 2 hari yakni hari ini dan besok Rabu (07/12/2022), dengan pembagian 5 sesi setiap harinya.

Ketua KPU Musi Rawas, Anasta Tias melalui Deviasi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Parmas dan SDM, Syarifudin mengatakan, dalam 1 sesi diikuti oleh 46 peserta dengan soal sebanyak 75 soal.

"Iya hari ini dan besok, KPU Kabupaten Mura melaksanakan tes tertulis di SMA 1 Muara Beliti, tes dilakukan secara CAT," kata Syarifudin saat diwawancarai Sripoku.com, Selasa (06/12/2022).

Syarifudin memastikan, bahwa pelaksanaan seleksi ini dipastikan sesuai dengan kemampuan masing-masing peserta. Sebab, setelah selesai hasilnya akan di print dan kemudian ditempat di papan informasi atau pengumuman.

"Hasilnya langsung kita print dan kita tempel, jadi peserta bisa langsung melihat nilainya masing-masing," ungkapnya.

Ditambahkan Syarif, KPU Kabupaten Musi Rawas sendiri membutuhkan 70 anggota PPK di 14 Kecamatan dalam Kabupaten Musi Rawas untuk menjadi petugas pada pemilu 2024 mendatang.

"Anggota PPK yang dibutuhkan itu totalnya 70 orang untuk 14 Kecamatan. Artinya satu Kecamatan 5 orang anggota PPK," ungkapnya.

Dari hasil tes CAT tersebut lanjut Syarif, nantinya akan diambil 15 besar dengan sistem perangkingan.

Setelah itu akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni tes wawancara yang akan dilaksanakan pada 8-10 Desember 2022.

"Hasil tes ini akan diambil 15 besar dengan sistem perangkingan, untuk kemudian mengikuti tes wawancara pada 11-13 Desember 2022," jelasnya.

Pada tes wawancara sambung Syarif, nantinya akan diambil 10 orang dengan nilai tertinggi untuk kemudian ditetapkan. Hanya saja, dari 10 peserta yang lulus wawancara, hanya 5 orang yang akan dilantik.

"Nomor 6-10, itu cadangan. Jadi nanti kalau di perjalanan ada hal-hal yang tidak diinginkan atau bermasalah kita ganti dengan yang cadangan. Ibaratnya itu PAW (Pergantian Antar Waktu)," ujarnya.

Baca juga: Tiga Opsi Dapil dan Kursi di Musi Rawas Pileg 2024, KPU Minta Saran dan Masukan

Lebih lanjut Sarif menjelaskan, untuk pelantikan sendiri akan dilakukan pada 4 Januari 2023 mendatang. Syarif berharap, agar memalui tes yang dilakukan secara transparan tersebut, akan menghasilkan anggota PPK yang profesional.

"Harapan kami, mereka yang terpilih ini adalah orang-orang yang terbaik, sehingga diharapkan bisa menjelaskan tugasnya dengan baik sebagai anggota PPK," tutupnya. (SP/Eko)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved