Tanggal 1 Desember 2022 Memperingati Hari Apa Saja? Berikut Ulasannya

Salah satunya yakni peringatan Hari AIDS Sedunia. Selain itu ada beberapa peringatan lainnya yang terjadi pada hari tersebut, 1 Desember. Mari simak u

Penulis: Putri Kusuma Rinjani | Editor: Abu Hurairah
Freepik
Tanggal 1 Desember 2022 Memperingati Hari Apa Saja? Berikut Ulasannya 

TRIBUNSUMSEL.COM - Terdapat beberapa peringatan hari penting yang terjadi pada tanggal 1 November 2022, atau tepatnya jatuh pada besok hari kamis.

Salah satunya yakni peringatan Hari AIDS Sedunia. Selain itu ada beberapa peringatan lainnya yang terjadi pada hari tersebut, 1 Desember. Mari simak ulasannya dibawah ini.

  • Hari AIDS Sedunia

Hari AIDS Sedunia jatuh pada tanggal 1 Desember setiap tahunnya. Hari ini didedikasikan untuk mereka yang telah meninggal karena penyakit tersebut.

Lebih dari itu, Hari AIDS Sedunia juga bertujuan untuk menyebarkan kesadaran akan AIDS yang disebarkan oleh virus HIV dan dorongan untuk bersatu melawan penyakit ini serta mendukung orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

Baca juga: 30 Kata-Kata Motivasi Bulan Desember, Buat Penambah Semangat Akhir Tahun

Hari AIDS Sedunia pertama kali diselenggarakan pada tahun 1988. Hari ini menjadi hari kesehatan pertama yang diperingati secara global.

Tema Hari AIDS Sedunia 2022 adalah “Equalize”. Ketidaksetaraan menjadi persoalan yang terus terjadi hingga saat ini.

Pada Hari AIDS Sedunia kali ini, Badan organisasi PBB yang menangani HIV/AIDS (UNAIDS) menyoroti masalah ketidaksetaraan yang yang terus terjadi kepada ODHA.

UNAIDS mendesak seluruh pihak untuk mengatasi diskriminasi dan ketidaksetaraan yang justru dapat menghambat upaya mengakhiri AIDS.

Sebagaimana diketahui, AIDS adalah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, yang penyebab utamanya berasal dari gaya hidup, di mana salah satunya adalah menjalani hubungan intim dengan berganti-ganti pasangan.

Baca juga: 12 Drama Korea (Drakor) Tayang Desember 2022, Recipe For Farewell Tayang Perdana 1 Desember 2022

  • Hari Tanpa Seni

Hari Tanpa Seni atau Day Without Art jatuh pada tanggal 1 Desember, bertepatan dengan Hari AIDS Sedunia.

Hari ini dimulai di Amerika Serikat pada 1 Desember 1989 untuk menyoroti dampak AIDS pada komunitas seni dan mendorong upaya memerangi AIDS.

Sebuah organisasi, Visual AIDS, merupakan pihak yang menginisiasi hari ini. Visual AIDS menyatukan seni dan komunitas AIDS melalui proyek nasional yang salah satunya adalah Day Without Art.

Saat ini, proyek Day Without Art telah menjadi gerakan global yang melibatkan ribuan seniman dan anggota masyarakat.

Untuk merayakan hari ini, seniman dan lembaga seni menutup pintu, meredupkan lampu, serta menutupi karya mereka sementara waktu dan mengganti dengan poster dan fakta tentang AIDS.

Beberapa komunitas juga memutar film dan dokumenter terkait AIDS.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved