Berita Nasional

Penjelasan Menpora Soal GBK Dipakai Relawan Jokowi Sedangkan Konser Blackpink Tidak Bisa Digelar

Melansir dari kompas.com, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menjelaskan alasan mengapa Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) boleh

Editor: Moch Krisna
Kolase/Kompas
Penjelasan Menpora Soal GBK Dipakai Relawan Presiden Jokowi, Singgung Konser Blackpink Tidak Diperbolehkan 

TRIBUNSUMSEL.COM -- Polemik diperbolehkannya pemakaian stadion utama Gelora Bung Karno (GBK) oleh relawan Presiden Joko Widodo jadi perbincangan hangat.

Lantaran sebelumnya pemerintah melarang stadion GBK tak boleh digunakan lantaran terkait persiapan piala dunia U20 mendatang.

Salah satu berimbas yakni konser dari girl band asal Korea Selatan Blackpink dipastikan tidak bisa digelar di stadion kebanggan Indonesia tersebut.

Lalu bagaimana penjelasan pemerintah dalam hal ini kementerian pemuda dan olahraga (Kemenpora) ?

Melansir dari kompas.com, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menjelaskan alasan mengapa Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) boleh dipakai untuk kegiatan Gerakan Nusantara Satu yang digelar oleh relawan Presiden Joko Widodo.

Menurut Zainudin, sebelumnya dia menyampaikan bahwa artis tak bisa menggelar konser di GBK apabila perbaikan stadion telah dimulai.

"Jadi kalau teman-teman memperhatikan apa yang pernah saya sampaikan beberapa waktu yang lalu ketika waktu itu ada Blackpink dan lain-lain, saya sampaikan kalau renovasi sudah dimulai," ujar Zainudin di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (28/11/2022).

 "Renovasi itu ditandai oleh tim dari Kementerian PUPR masuk ke GBK, ke Jalak Harupat, ke Manahan Solo, ke GBT surabaya, ke Wayan Dipta Bali, ke Jakabaring Palembang.

Kalau mereka sudah masuk, nah sampai dengan selesainya event (renovasi), enggak boleh digunakan," tegasnya.

Sementara, saat Gerakan Indonesia Satu diselenggarakan, tim dari Kementerian PUPR belum mulai masuk untuk merenovasi GBK.

"Jadi ukurannya itu saja dan (pihak) GBK berkomunikasi dengan FIFA.

FIFA sampaikan pokoknya kalau sudah masuk renovasi, sudah enggak boleh lagi (ada kegiatan dan konser di GBK)," jelasnya.

Ditanya lebih lanjut soal kapan renovasi GBK untuk kepentingan Piada Dunia U20 akan dimulai, Zainudin menargetkan pada awal Desember 2022. "Tunggu dari PUPR masuk. Awal Desember," tambahnya.

Sebelumnya, Zainudin Amali angkat bicara soal rencana penggunaan Stadion Utama GBK untuk konser BLACKPINK.

Halaman
12
Sumber: Kompas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved