Berita Nasional

Psikolog Forensik Analisa Keluarga Tewas di Kalideres Penuh Persiapan, Seolah Ingin Mati Tenang

Psikolog Forensik Analisa Keluarga Tewas di Kalideres Penuh Persiapan, Seolah Ingin Mati Tenang

Tribunnews.com/ Fahmi Ramadhan
Tim Labfor Bareskrim Polri bakal dalami sejak kapan satu keluarga tewas di Perumahan Citra Garden I Ekstension, Kalideres, Jakarta Barat, Selasa (15/11/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM - Psikolog Forensik Reza Indragiri membeberkan analisisnya soal keluarga meninggal secara misterius di Kalideres.

Reza memberi dugaan 4 orang tersebut saat menuju kematian tengah menyongsong ketenangan.

"Saya membayangkan, adakah kemungkinan empat orang ini secara sungguh-sungguh dengan iktikad penuh memang menyongsong rest in peace. Mereka memang ingin mengakhiri hidupnya dengan cara yang damai," kata Reza, Kamis (17/11/2022).

Cara yang tak gaduh diduga Reza memang diinginkan oleh satu keluarga tersebut untuk mengakhiri hidupnya.

"Bukan dengan cara yang gaduh. Bukan dengan cara yang bikin kisruh. Tetapi betul-betul ingin secara sengaja menyongsong kematian dengan penuh ketenangan," duga Reza.

Baca juga: Sosok Renny Margaretha, Korban Keluarga Tewas di Kalideres Terungkap, Cara Berpakaian Jadi Sorotan

Rumah di Perumahan Citra Garden, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat yang menjadi lokasi penemuan 4 mayat satu keluarga, Kamis (10/11/2022). Kini teman semasa hidup ungkap karakter Dian (42) salah satu angggota keluarga yang tewas misterius di rumahnya di Kalideres, Jakarta Barat.
Rumah di Perumahan Citra Garden, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat yang menjadi lokasi penemuan 4 mayat satu keluarga, Kamis (10/11/2022). Kini teman semasa hidup ungkap karakter Dian (42) salah satu angggota keluarga yang tewas misterius di rumahnya di Kalideres, Jakarta Barat. (Tribunnews.com/Rahmat)

Pikiran ini terbesit di kepala Reza lantaran melihat sejumlah fakta yang ditemukan terkait kasus ini.

Dari fakta tersebut timbul kesan bahwa keempat anggota keluarga mempersiapkan kematiannya.

"Berdasarkan pemberitaan media massa, ada beberapa catatan yang boleh jadi merupakan petunjuk kira-kira apa gerangan yang menjadi penyebab orang ini meninggal dunia," kata dia.

Catatan pertama yaitu kondisi dalam rumah yang relatif tetap rapih.

"Kita membayangkan tidak ada kegaduhan, tidak ada pertengkaran, tidak ada kekisruhan yang mengakibatkan mereka meninggal dunia. Pertama itu," sebut Reza.

Kedua, permintaan atau inisiatif kepada PLN untuk memutus aliran listrik di rumah itu. 

"Jadi saya bayangkan mereka mungkin menghindari kebakaran, menghindari penggunaan listrik, menghindari tagihan, menghindari persoalan-persoalan susulan yang muncul dari listrik apabila terus mengalir," lanjut dia.

Baca juga: Karakter Semasa Hidup Dian Anggota 1 Keluarga Tewas di Kalideres Terungkap, Baik Tapi Sulit Bergaul

Selama sekali atau dua kali dalam sebulan keluarga yang ditemukan tewas di Perumahan Citra Garden Satu Extension, Kalideres, Jakarta Barat minta dikirim jamu ke rumahnya. Namun, hal itu tak lagi terjadi semenjak Indonesia dilanda pandemi Covid-19.
Selama sekali atau dua kali dalam sebulan keluarga yang ditemukan tewas di Perumahan Citra Garden Satu Extension, Kalideres, Jakarta Barat minta dikirim jamu ke rumahnya. Namun, hal itu tak lagi terjadi semenjak Indonesia dilanda pandemi Covid-19. ((Kolase TribunJakarta))

Ketiga, keberadaan jenazah yang ditemukan di sejumlah ruang berbeda dan dalam keadaan terbaring di kasur maupun tergeletak di sofa, mengindikasikan kesengajaan korban berada di sana.

"Kabar bahwa posisi jenazah yang maaf tidak bergelimpangan di sana sini, tetapi berada di titik-titik tertentu. Seolah-olah mengindikasikan mereka sengaja berada di titik tersebut," jelas Reza.

Halaman
12
Sumber: Kompas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved