Lirik Sholawat

Lirik Sholawat Syifa' (Tibbil Qulub), Doa Kesembuhan, Lengkap Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Sholawat Syifa’, salah satu sholawat yang berisikan doa kemuliaan kepada Nabi Muhammad SAW, sekaligus terdapat harapan keselamatan bagi orang-orang ya

Penulis: Putri Kusuma Rinjani | Editor: Abu Hurairah
youtube/muhammadazhariofficial
Lirik Sholawat Syifa' (Tibbil Qulub), Doa Kesembuhan, Lengkap Tulisan Arab, Latin dan Artinya 

TRIBUNSUMSEL.COM - Menurut Al Hafizh As Syarji dalam kitab Irsyadul Ibad, Sholawat adalah dzikir yang paling mudah namun besar pahalanya. Sehingga umat Muslim dapat membacanya sebagai doa.

"Sesungguhnya doa itu berhenti antara langit dan bumi, tiada naik barang sedikit juga dari padanya sehingga engkau bersholawat atas Nabimu." (HR. Tirmidzi)

Sholawat Syifa’, salah satu sholawat yang berisikan doa kemuliaan kepada Nabi Muhammad SAW, sekaligus terdapat harapan keselamatan bagi orang-orang yang membacanya agar terhindar dari setiap hal yang tidak diinginkan.

Bacaan Sholawat Syifa' dapat juga dipergunakan untuk bertawasul memohon kesembuhan dari penyakit hati hingga penyakit fisik.

Sholawat Syifa sering disebut dengan Sholawat Tibbil Qulub, sesuai dengan liriknya, Allahumma Shalli 'Ala Sayyidina Muhammadin Tibbil Qulubi Wa Dawa Iha'

Baca juga: Lirik Lagu Sholawat Munjiyat, Doa Meminta Keselamatan, Lengkap Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Berikut Lirik Sholawat Syifa' lengkap dari tulisan Arab, Latin dan Artinya.

[Arab]

أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ الأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ الأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

[Latin]

Allohumma sholli 'ala sayyidina Muhammadin tibbil quluubi wa dawaa-iha Wa 'aafiyatil abdaani wa syifa-iha, wa nuuril abshoori wa dliyaa-iha wa 'ala aalihi wa shahbihi wa sallim

[Artinya]

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada baginda kami Nabi Muhammad yang menjadi obat dan penyembuhan hati, penyehat dan penyelamat badan, cahaya dan sinar penglihatan, dan limpahkan kepada keluarga dan sahabat-sahabatnya, dan berilah kesejahteraan."

Baca juga: Lirik Sholawat Jibril Lengkap Bacaan Arab, Latin dan Artinya

Keutamaan Membaca Sholawat Syifa' (Tibbil Qulub)

Membahas tentang keutamaan bacaan sholawat, maka tentu jawabannya sangat banyak, sebagaimana sholawat pada umumnya. Misalnya, dengan membaca sholawat akan diberi pahala oleh Allah SWT tanpa perlu diragukan lagi, dan dengan membaca sholawat akan bisa mendapatkan syafaat kelak di hari kiamat, ketika semua para nabi tidak bisa melakukan apa-apa kecuali Nabi Muhammad SAW.

Namun selain dua kepastian di atas, sholawat memiliki keutamaan dan faedah secara khusus, misalnya untuk bacaan sholawat Syifa. Shalawat yang satu ini bisa menghilangkan segala kesusahan dan kepayahan, dan semua ini telah terbukti dan dibuktikan oleh para ulama terpercaya. Syekh Yusuf an-Nabhani dalam kitabnya mengatakan:

هٰذِهِ الصَّلَاةُ مُجَرَّبَةٌ لِتَفْرِيْجِ الْكُرُوْبِ

Artinya: “Shalawat ini teruji (menjamin) untuk menghilangkan kesusahan/kepayahan.” (Yusuf an-Nabhani, Sa’adatud Darain, : 2010, h.323).

Salah satu cara mengamalkan bacaan Sholawat Tibbil Qulub untuk ketenangan hati adalah membacanya sebanyak tiga kali setelah Sholat Magrib secara rutin.

Atau, membaca Sholawat Tibbip Qulub sebanyak 15 kali, setelah sholat fardhu.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved