Berita Lahat

Pegawai Non ASN Lahat 8.278 orang, BKPSDM Ungkap Tujuan Pendataan Non ASN untuk Apa

pendataan tenaga non-ASN untuk apa, BKPSDM Lahat untuk tujuan pendataan tenaga non-ASN sebenarnya.

SRIPOKU/EHDI
Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Aparatur BKPSDM Lahat, Guntur Martandy SSTP 

TRIBUNSUMSEL.COM, LAHAT-Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Lahat kembali menyampaikan, pendataan tenaga non-ASN atau tenaga honorer yang dilakukan beberapa waktu lalu bukan untuk mengangkat tenaga non-ASN menjadi ASN tanpa tes

 Terlebih,  hingga saat ini masih banyak tenaga non ASN yang salah kaprah menyebut pendataan itu sebagai bahan untuk pengangkatan jadi ASN.

Kepala BKPSDM Lahat, M Aries Farhan, melalui Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Aparatur, Guntur Martandy SSTP menyebut Pendataan Non ASN untuk apa, yakni bertujuan untuk memetakan dan mengetahui jumlah tenaga non-ASN di lingkungan instansi pemerintah pusat dan daerah, sebagai data dasar tenaga non-ASN.

“Itu sebagai upaya pemerintah untuk memetakan serta mengetahui jumlahnya. Bukan berarti dengan diketahuinya jumlahnya, para tenaga honorer bisa jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tanpa melalui seleksi,” terang Guntur, Minggu (6/11/2022).

Dari data terakhir, pegawai Non ASN di Kabupaten Lahat ada sebanyak 8.278 orang.

Tersebar di seluruh OPD, puskesmas, sekolah, kecamatan dan kelurahan. Dikejarnya pendataan pegawai Non ASN ini, buntut dari rencana pemerintah yang akan menghapuskan tenaga honorer tahun 2023 mendatang.

Pendataan juga dilakukan oleh tenaga Non ASN itu sendiri, dengan cara lakukan registrasi ulang dengan akun sendiri, dan pengimputan data di laman pendataan-nonasn.bkn.go.id.

“Rekrutmen ASN tetap melalui seleksi. Tunggu saja pengumuman resmi dari Kementerian PANRB, karena saat ini sedang dibahas intensif oleh kementerian dan lembaga terkait,” sampai Guntur.

Baca juga: Perkelahian saat Nonton Orgen Tunggal di Lahat, Fresti Monda Tewas Ditusuk

Disinggung soal adakah seleksi CPNS tahun 2023, Guntur menyebut usulannya akan disampaikan di penghujung tahun ini. Terkait berapa banyak kuota yang didapat, ataupun formasi apa saja yang akan dibuka, semuanya akan ditentukan oleh Badan Kepegawaian Negara.

“Kita hanya sebatas mengusul dan memperjuangkannya. Untuk ketentuannya ditetapkan oleh BKN. Insya Allah, 2023 Lahat kembali buka seleksi CPNS,” ucap Guntur. (SP/EHDI)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved