Berita Pertamina

Kilang Pertamina Plaju Juara Ajang Communitas Awards, Andalkan ESG Ciptakan Lingkungan Hijau

Kilang Pertamina Plaju terpilih sebagai salah satu winner di ajang Communitas Awards yang digelar oleh AMCP.

Editor: Sri Hidayatun
Dokumentasi Pertamina
PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit III Plaju (Kilang Pertamina Plaju) kembali meraih penghargaan di kancah internasional. 

TRIBUNSUMSEL.COM,PALEMBANG- PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit III Plaju (Kilang Pertamina Plaju) kembali meraih penghargaan di kancah internasional.

Kali ini, Kilang Pertamina Plaju terpilih sebagai salah satu winner di ajang Communitas Awards yang digelar oleh Associations of Marketing and Communication Professionals (AMCP), sebuah organisasi internasional yang bermarkas di Texas, Amerika Serikat, yang aktif membina kemitraan dengan badan amal dan organisasi masyarakat.

Kilang Pertamina Plaju sendiri terpilih sebagai winner di kategori Community Service and Corporate Social Responsibility, di antara 70 lebih winner lainnya yang terdiri dari perusahaan, lembaga pemerintah dan non profit organization (NGO) lainnya dari seluruh dunia, dapat dicek di website http://enter.communitasawards.com/winners.

Berangkat dari kondisi di Lorong Mari, sebuah perkampungan di Kelurahan Talangbubuk, Kecamatan Plaju, Kota Palembang yang dulunya terkenal kumuh.

Padatnya penduduk di lingkungan ini menyebabkan kurangnya pasokan air bersih yang merupakan salah satu kebutuhan dasar.

Berbagai permasalahan sosial lantas muncul buah dari kurangnya pasokan air bersih ini, dimana masyarakat terpaksa hidup dalam kondisi yang kurang higienis dan sanitasi yang kurang memadai,  yang berdampak pada kualitas hidup mereka.

PT Kilang Pertamina Plaju
PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit III Plaju (Kilang Pertamina Plaju) kembali meraih penghargaan di kancah internasional.

Sebagai perusahaan migas yang berjarak tak lebih dari 2 (dua) kilometer dari Lorong Mari, Kilang Pertamina Plaju hadir memberikan sentuhan perubahan di perkampungan ini lewat berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR), salah satunya Mari Berkreasi.

Lewat program Mari Berkreasi yang diinisiasi sejak 2020, perusahaan kilang minyak yang berumur lebih dari seabad ini berupaya menumbuhkan keterlibatan masyarakat untuk memitigasi perubahan iklim, dengan menata ulang lingkungan dan memberikan ruang berkreasi bagi masyarakat dengan memanfaatkan potensi lokal, hitung-hitung untuk menambah penghasilan.

Kilang Pertamina Plaju sendiri memandang komunitas masyarakat sebagai mitra yang harus diajak berkolaborasi untuk sama-sama tumbuh dan berkembang, sebagaimana disampaikan oleh Area Manager Communication, Relations & CSR Siti Rachmi Indahsari.

“Kami ingin kehadiran Kilang Pertamina Plaju memberikan dampak bagi kesejahteraan masyarakat,” kata Rachmi.

Menurutnya, penjagaan hubungan baik serta kolaborasi dengan masyarakat sekitar perusahaan lewat berbagai program CSR penting untuk menjaga keberlangsungan (sustainability) bisnis.

Baca juga: Perwira Kilang Pertamina Plaju Sabet Penghargaan Dharma Karya Muda Dari Kementerian ESDM

Untuk itu, program Mari Berkreasi didesain sedemikian rupa dengan menjadikan kolaborasi sebagai elemen kunci dalam pelaksanaannya.

“Implementasi program ini tak lepas dari keterlibatan masyarakat lokal yang berperan sebagai local hero,” lanjut Rachmi. Dari sana, tercipta paradigma sejahtera bersama-sama.


Manfaatkan Air Hujan untuk Urban Farming

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved