Berita Pagaralam

Pengendara Diminta Waspada, Liku Endikat dan Liku Lematang Pagaralam Rawan Longsor

Liku Endikat, Liku Lematang Indah masuk dalam jalan yang rawan longsor di Pagaraalam. Pengendara Diminta Waspada.

SRIPOKU/WAWAN
RAWAN LONGSOR : Salah satu titik rawan bencana longsor di Pagar Alam yaitu Liku Lematang Indah. 

TRIBUNSUMSEL,COM, PAGAR ALAM - BMKG Stasiun Meteorologi (Stamet) Kelas II Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang memprakirakan 12 daerah di Sumsel akan diguyur hujan lebat disertai petir dan angin kencang selama sepekan mulai 9 hingga 14 Oktober 2022 mendatang

Wilayah yang diprakirakan akan mengalami cuara ekstrim tersebut yaitu Kabupaten Banyuasin, Lahat, Muaraenim, Musi Rawas (Mura), Musi Banyuasin (Muba), Musi Rawas Utara (Muratara), Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Komering Ulu (OKU), Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Ogan Komering Ulu Timur (OKUT), Kota Lubuk Linggau dan termasuk Kota Pagaralam.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pagar Alam, ada beberapa titik di Pagar Alam saat musim hujan menjadi kawasan rawan bencana Longsor.

Kepala BPBD Kota Pagar Alam Jon Hasman mengatakan, berdasarkan pemetaan sementara yang ada di BPBD Pagar Alam, ada beberapa kawasan yang memang menjadi kawasan rawan bencana longsor.

"Ada titik yang menjadi konsentrasi pengawasan pihak BPBD yang merupakan kawasan rawan bencana longsor yaitu Liku Endikat, Liku Lematang Indah dan kawasan Gunung Dempo. Selain kawasan itu juga ada beberapa kawasan lain," ujarnya.

Dimusim penghujan saat ini pihak BPBD memang terus meningkat kewaspadaan terhadap bencana longsor dan bencana lainnya. Pasalnya letak goegrafis Kota Pagar Alam memang berada didataran tinggi.

"Selain bencana longsor ada beberapa kawasan di Pagar Alam yang sangat rawan bencana banjir bandang dan puting beliung. Seperti kawasan Desa Talang Sawah Jangga yang rawan banjir bandang karena ada lahan pertanian warga yang tepat ditepi sungai," katanya.

Sementara kawasan yang rawan bencana Puting Beliung yaitu Kecamatan Pagar Alam Utara dan Kecamatan Dempo Tengah. 

Baca juga: Heboh Beruang Madu Masuk Pemukiman di Pagaralam, Tinggal 5 Meter dari Rumah Warga

"Untuk bencana Puting Beliung di Pagar Alam Utara kawasan Desa Selibar dan sekitarnya sering terkena Puting Beliung, sedangkan untuk Kecamatan Dempo Tengah yaitu Desa Tebat Lereh dan Meringang," jelasnya.

BPBD berharap masyarakat dapat mewaspadai potensi-potensi bencana tersebut dan dapat melaporkan ke BPBP jika terjadi bencana.(SP/WAWAN)
 
 
 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved