Banjir Palembang

Penyebab Banjir di Palembang, Jalan R Sukamto Depan Hotel Harper Banjir Cukup Parah, Ini Faktanya

Penyebab banjir di Palembang, Jalan R Sukamto depan Hotel Harper menjadi kawasan yang mengalami banjir cukup parah pada Kamis (6/10/2022).

TRIBUN SUMSEL/SHINTA DWI ANGGRAINI
Penyebab banjir di Palembang, Jalan R Sukamto depan Hotel Harper menjadi kawasan yang mengalami banjir cukup parah pada Kamis (6/10/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Penyebab banjir di Palembang, Jalan R Sukamto depan Hotel Harper menjadi kawasan yang mengalami banjir cukup parah pada Kamis (6/10/2022).

Wakil Walikota (Wawako) Palembang, Fitrianti Agustinda mengungkapkan penyebab banjir di Palembang setelah Palembang diguyur hujan deras.

Fitrianti menyebut penyebab banjir di Palembang terutama yang terjadi di Jalan R Sukamto depan Hotel Harper tidak terlepas karena dibangunnya Hotel Harper di tengah kawasan pemukiman.

Seperti diketahui, Jalan R Sukamto adalah satu wilayah yang cukup parah mengalami banjir pada Kamis 6 Oktober 2022 lalu.

Terpantau tinggi banjir di kawasan ini mencapai betis hingga pinggang orang dewasa.

Bahkan volume air baru surut ketika waktu telah menunjukkan malam hari.

Baca juga: LRT Palembang Jadwal 2022 Terbaru, 94 Rute Tiap Hari, Buka Jam Operasional Pukul 05 05 WIB

"Memang kawasan ini (Jalan R Sukamto) sudah beberapa kali dilaporkan banjir dan belum ada solusi yang bisa kami lakukan. Tapi hari ini kami sudah panggil Harper (hotel) karena tentu ada kaitannya dengan pembangunan Hotel yang memang mereka harus bertanggung jawab untuk kawasan di sini karena bersebelahan," ujar Fitrianti saat meninjau kawasan rawan banjir di Jalan R Sukamto tepatnya di Lorong Muttaqien Kelurahan 20 Ilir Kecamatan Kemuning Palembang yang bersebelahan langsung dengan Hotel Harper, Sabtu (8/10/2022).

Dalam tinjauannya, Fitrianti mendapati saluran air yang kecil bahkan tertutup sampah akibat pembangunan di kawasan pemukiman Jalan R Sukamto tepatnya di Lorong Muttaqien.

Aliran drainase juga tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Pantauan Tribunsumsel.com juga melihat sebuah tanah kosong penuh rerumputan, namun kini berubah jadi rawa setelah terus diguyur hujan.

Genangan air serta tanah becek bahkan gigitan nyamuk langsung terasa saat memasuki kawasan padat penduduk ini.

Fitrianti mengatakan, Dinas PUPR Kota Palembang dalam waktu dekat akan melakukan normalisasi terhadap beberapa saluran air yang ada.

"Dan juga kita mohon izin kepada bapak ibu disini. Jika memang sudah sepakat, maka saluran yang ada akan kita perbesar supaya jika hujan terjadi, aliran airnya tetap lancar," ujarnya.

Wakil Walikota (Wawako) Palembang, Fitrianti Agustinda mengungkapkan penyebab banjir di Palembang setelah Palembang diguyur hujan deras.
Wakil Walikota (Wawako) Palembang, Fitrianti Agustinda mengungkapkan penyebab banjir di Palembang setelah Palembang diguyur hujan deras. (TRIBUN SUMSEL/SHINTA DWI ANGGRAINI)

Di sisi lain, Harper Hotel yang berdiri kokoh di tengah pemukiman warga juga dinilai bertanggung jawab dalam pemeliharaan lingkungan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved