Berita Universitas Terbuka Palembang

Ciptakan Mahasiswa Tangguh, 4.698 Mahasiswa Baru Universitas Terbuka Palembang Ikuti PKBJJ 

Kegiatan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) yang diikuti oleh 4.698 mahasiswa baru, untuk melatih mahasiswa menjadi tangguh.

Editor: Sri Hidayatun
dokumentasi UT Palembang
Universitas Terbuka (UT) Palembang menggelar kegiatan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) yang diikuti oleh 4.698 mahasiswa baru di ballroom hotel Novotel kota Palembang, Sabtu (1/10/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Universitas Terbuka (UT) Palembang menggelar setiap tahun pada ajaran baru dengan kegiatan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) yang diikuti oleh 4.698 mahasiswa baru, untuk melatih mahasiswa menjadi tangguh.

Hal ini di sampaikan dalam pertemuan PKBJJ oleh Manajer Registrasi dan Assessment H Drs M Tair Abu Naim MM, Manajer Keuangan dan Umum Imam Dwinusa Harun SE, Dosen Fakultas Sains dan Teknologi Hartati SSi MSc dan diikuti mahasiswa baru yang sangat antusias mengikuti PKBJJ.

PKBJJ yang berlangsung dari tanggal 1 dan 3 Oktober 2022 di ballroom hotel Novotel kota Palembang, Sabtu (1/10/2022).

Manajer Registrasi dan Assessment UT Palembang H Drs M Tair Abu Naim MM mengatakan, kegiatan ini bertujuan membekali mahasiswa baru seperti dengan memberi materi.

UT Palembang gelar Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ)
Universitas Terbuka (UT) Palembang menggelar kegiatan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) yang diikuti oleh 4.698 mahasiswa baru di ballroom hotel Novotel kota Palembang, Sabtu (1/10/2022).

Universitas Terbuka (UT) Palembang berbeda sekali dengan yang lain yaitu di sini lebih menekan pada keterampilan belajar mandiri yang harus mengatur jadwal sendiri.

Baca juga: Universitas Terbuka Palembang Menggelar Kegiatan Festival Perdana Untuk Mensosialisasikan Masyarakat

"Untuk menjembatani itu maka kita laksanakan kegiatan keterampilan belajar materi seperti, materi pembela negara, pengelola waktu, membaca waktu yang efisien dan bagaimana mereka mengahadapi ujian secara mental, bagaimana cara membuat karya ilmiah dan lainnya," katanya saat diwawancarai.

Lebih lanjut Tair menuturkan agar mereka bisa beradaptasi karena UT ini sistem belajarnya sangat berbeda karena ada belajar jarak jauh, sehingga ia menginginkan mahasiswa di UT kuat tangguh, lancar studi, lulus tepat waktu dan nilai yang memuaskan.

PKBJJ ini telah dilakukan di beberapa kabupaten, yaitu dengan hari ini pada tahap ke tiga.

"Dan ini merupakan kegiatan wajib di setiap tahun ajaran baru. Alhamdulillah di tahun ajaran ini sangat tinggi dibandingkan tahun kemarin yaitu 2.700an mahasiswa baru akan tetapi tahun ini angkanya melonjak sekali 4.698 mahasiswa baru," ucap rasa syukur Tair yang di dampingi Imam dan Hartati.

Sementara itu, Manajer Keuangan dan Umum UT Palembang Imam Dwinusa Harun mengatakan, sistem belajar UT dengan cara terbuka dan jarak jauh. Yang artinya terbuka yaitu untuk semua usia dimulai dari fresh graduate sampai pensiun, hampir pensiun yang terpenting punya ijazah SMA.

"Dan jarak jauh maksudnya mereka dalam proses pembelajarannya jarak keterbatasan dosen dan mahasiswa jadi bisa belajarnya di mana saja, dan membuat mahasiswa tidak terfokus di kampus saja akan tetapi bisa belajar dengan jarak jauh dengan cara daring," kata Imam kepada tribunsumsel.com

Diketahui UT Palembang kini menghadirkan 4 fakultas seperti, Fakultas Ekonomi, Fakultas FKIP, Fakultas FHISIP, Fakultas Sains dan Teknologi.

"Untuk mengetahui informasi UT Palembang lebih lanjut bisa di akses di halaman website kami yaitu www.ut.ac.id," tutup Imam Dwinusa Harun.

Baca berita lainnya langsung dari google news
 
 
 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved