Pemilu 2024

276 Orang Daftar Panwascam Pemilu 2024 di Ogan Ilir, Ini Tahapan Seleksi Selanjutnya

276 orang telah mendaftarkan diri sebagai Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Ogan ilir (OI). Tahapan Seleksi

TRIBUNSUMSEL.COM/AGUNG
Petugas Bawaslu Ogan Ilir melayani peserta yang mendaftarkan diri sebagai Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilu 2024., Selasa (27/9/2022) lalu. 

TRIBUNSUMSEL.COM, INDRALAYA - Pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Ogan Ilir  resmi berakhir.

Ketua Bawaslu Ogan Ilir Dermawan Iskandar mengatakan sebanyak 276 orang telah mendaftarkan diri sebagai Panwascam mulai tanggal 21 hingga 27 September lalu.

"Jumlah 276 orang ini tersebar di 16 kecamatan yang ada di Ogan Ilir," kata Dermawan kepada wartawan di Indralaya, Rabu (28/9/2022).

Dari 276 pendaftar, 258 orang mengirimkan berkas langsung ke kantor Bawaslu Ogan Ilir.

Sementara 18 orang lainnya mengirimkan berkas pendaftaran melalui pos elektronik. 

"Alhamdulillah proses pendaftaran berjalan lancar. Pendaftar yang kami terima adalah yang telah memenuhi syarat kelengkapan berkas yang diumumkan," terang Dermawan.

Para pendaftar Panwascam berasal dari berbagai latar belakang usia dan pekerjaan, diantaranya ASN, perangkat desa, hingga ibu rumah tangga.

"Ada juga penyandang disabilitas yang ikut daftar. Ini sangat luar biasa karena menunjukkan kepedulian masyarakat agar demokrasi di Ogan Ilir lebih berkualitas dan bermartabat," ucapnya.

Selanjutnya, kelengkapan administrasi akan diumumkan tanggal 12 Oktober dan bagi yang memenuhi kelengkapan administrasi, akan mengikuti seleksi tertulis mulai tanggal 14 hingga 16 Oktober mendatang.

Hanya enam orang per kecamatan yang dinyatakan lulus seleksi atau tes tertulis dengan bantuan Computer Assisted Test (CAT) ini.

Enam orang tersebut selanjutnya akan mengikuti seleksi akhir yakni tes wawancara mulai tanggal 18 hingga 22 Oktober dan pengumuman kelulusan tanggal 25 Oktober mendatang.

"Hasil seleksi akhir menentukan tiga orang Panwascam untuk setiap kecamatan. Jadi ada 16 kecamatan, masing-masing kecamatan ada Panwascam beranggotakan tiga orang," terang Iskandar.

Baca juga: Semburan Lumpur Ogan Ilir di SIT Menara Fitrah Indralaya, Update Kondisi Hari Ini

Menurut pria berkacamata ini, sesuai ketentuan Bawaslu RI, porsi Panwascam ini 30 persen untuk perempuan.

Dia pun mengajak kepada seluruh elemen masyarakat di Ogan Ilir untuk turut menyukseskan Pemilu 2024.

"Kita berharap Pemilu 2024 dapat berjalan kondusif, aman dan lancar," ucap Iskandar.

 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved